Cover Image

PRATIKALITAS DAN EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN POWER-POINT ISPRING TERINTEGRASI PERTANYAAN PROMPTING PADA MATERI HIDROKARBON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ruseli Manayu, Guspatni Guspatni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah penggunaan media PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi hidrokarbon praktis digunakan dalam pembelajaran dan apakah penggunaan media PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi hidrokarbon efektif terhadap meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu pra eksperimen. Desain penelitian yang digunakan One-Group Pretest-Postest Design. Desain ini dilakukan terhadap satu kelompok dan rancangan dilakukan tes dua kali, yaitu sebelum diberikan perlakuan disebut Pretest dan setelah diberi perlakuan disebut posttes. Populasi pada sampel ini adalah seluruh kelas XI IPA di SMAN 1 Kecamatan Payakumbuh. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian yaitu lembar angket pratikalitas dan tes hasil belajar siswa dengan soal pilihan ganda sebanyak 20 soal. Data pratikalitas diolah dengan menggunakan % pratikalitas dan data efektivitas dianalisis dengan uji N-Gain dan uji Hipotesis dengan menggunakan uji Paired sampel t test menggunakan SPSS. Berdasarkan analisis data dari uji pratikalitas didapatkan rata-rata 89% dengan kategori sangat praktis dan data uji efektivitas diperoleh rata-rata nilai N-Gain  0,78 dengan kategori tinggi dimana nilai Pretest lebih tinggi dari pada nilai. Data uji hipotesis diperoleh sig(2-tailed)  0,000< 0,05 sehingga H0 ditolak dan HI diterima. Analisis data tersebut menyimpulkan bahwa  media PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi hidrokarbon praktis dan efektif terhadap meningkatkan hasil belajar siswa SMA/MA

Keywords


Practicality, Effectiveness, PowerPoint-iSpring, Prompting question, hydrocarbons

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Rajawali Press. Jakarta

Delvi, I.P., & Guspatni, G. 2020. Pengembangan Multimedia Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Termokimia Kelas XI SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia, 1(1): 79-9

Falahudin, I. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara. 1(4): 104-117

Firmadani, F., Shalima, I., & Firdaus, M.A. 2017. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif dengan Ispring Presenter bagi Guru MI AL ISLAM Balesari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang. In Conference on Language and Language Teaching PELATIHAN :170-177.

Gogali, V.A., Erlangga, C.Y., & Putra, J.P. 2018. Penggunaan Multimedia Interaktif Sebagai Bahan Penunjang Media Presentasi (Studi pada SSDM Mabes Polri Jakarta Selatan). Jurnal Abdimas Bsi. 1(3):503–509.

Guspatni, G., Andromeda, A., & Bayharti, B. 2018. Peningkatan Aktivitas Menjawab dan Kualitas Jawaban Mahasiswa dengan Pertanyaan Prompting pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Kimia. Jurnal Eksakta Pendidikan. 2(1): 101- 107.

Hadilka, M.L., & Guspatni, G. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Sifat Keperiodikan Unsur Kelas X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia. 1(1): 11-18

Hake, R,R. 1999. Analyzing Change/Gain Scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision. D, Measurement and Reasearch Methodology. New York.

Hernawati, K. 2010. Modul Pelatihan Ispring Presenter. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta:

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Jacobsen, D.A., Enggen, P., & Kauchack, D. 2009. Methods For Teaching. USA: Person Education.

Lasmo, S.R., Bektiarso, S., & Harijanto, A. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Teknik Probing-Prompting Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember. 6 (2): 162-167.

Latisma. D.J. 2011. Evaluasi Pendidikan. UNP Press. Padang

Muthmainnah, M., Hapizah, H., & Somakim, S. 2019. Penerapan strategi probing prompting dalam pembelajaran matematika materi relasi dan fungsi di SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(1): 27-37.

Netriwati, N., & Lena, M.S. 2017. Media Pembelajaran Matematika. Permata Net. Bandar Lampung:

Oktavia, R. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Submateri Pergeseran Kesetimbangan Kimia Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA/MA. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Permendikbud (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia) Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Plomp, T., Pelgrum, W.J., & Law, N. 2007. SITES2006–International comparative survey of pedagogical practices and ICT in education. Education and Information Technologies. 12(2): 83-92.

Pratiwi, K. I., & Guspatni, G. 2022. Praktikalitas dan Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint-Ispring Terintegrasi Multipel Representasi Kimia Dan Pertanyaan Prompting Materi Sifat Koligatif Larutan Kelas XII MIPA SMA/MA. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi. 22(3): 1869-1875.

Rafiq M., Sabil H, &. Ramalisa. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Power Point & Ispring Suite pada Materi Perbandingan di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika: 1: 1-9

Riduwan, A. (2012). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Alfabeta. Bandung

Salfitri, A., & Guspatni, G. 2021. Pengembangan Media PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X SMA/MA. Entalpi Pendidikan Kimia. 2(1): 38-46.

Sanaky, A.H.H. 2009. Media Pembelajaran. Safiria Insania Press. Yogyakarta:

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran, Kencana Prenada Media Grou. Jakarta

Silvianti, S., & Guspatni, G. 2022. Praktikalitas media pembelajaran powerpoint-ispring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi titrasi asam basa. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 7(2), 88-95.

Widada, H. 2010. Cara Mudah Desain Presentasi dengan Power Point 2007. Cakrawala. Yogyakarta

Wijayanto P.A., Utaya S. & Astina I,K. 2017. Increasing Student’s Motivation and Geography Learning Outcome Using Active Debate Methode Assisted by Ispring Suite. International Journal of Social Sciences and Management. 4(4): 240-247

Yusfa, H.A., & Guspatni, G. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint-iSpring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Hidrokarbon Kelas XI SMA. Entalpi Pendidikan Kimia. 2(3): 39-48.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i1.7853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.