Cover Image

KORELASI KETERLAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Nerisman Faeri Harefa, Zonalia Fitriza

Abstract


Tujuan dari dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan korelasi keterlaksanaan pendekatan saintifik dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan   masalah peserta didik pada materi hidrolisis garam. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif   dengan   menggunakan   pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan pada peneltian ini adalah untuk mengetahui hipotesis korelasi dapat di terima atau ditolak. Instrumen yang digunakan adalah instrumen SEDToC (Structured Essay Diagnostics Test of Chemistry). Hasil dari penelitian ini adalah Hasil analisis tingkat berpikir kritis peserta didik yang diperoleh adalah 83,33% untuk tidak kritis, untuk tingkat kurang kritis yaitu sebesar 10% peserta didik serta kategori cukup kritis yaitu sebesar 6,66% peserta didik dan untuk kategori kritis yaitu 0%. Hasil analisis tingkat pemecahan masalah peserta didik yang diperoleh secara umum adalah 46,66% peserta didik kategori rendah, untuk tingkat sedang yaitu sebesar 46,66 peserta didik, kategori tinggi yaitu sebesar 6,66% peserta didik dan   untuk   kategori   sangat   yaitu   0%.   Korelasi pendekatan saintifik dengan berpikir kritis peserta didik diperoleh nilai koefisien korelasi = 0,656 dan signifikansi = 0,000 sedangkan korelasi pendekatan saintifik dengan  pemecahan masalah diperoleh nilai koefisien korelasi = 0.710 dan signifikansi = 0.000.


Keywords


Scientific Approach, Critical Thinking, Problem Solving, Salt Hydrolysis

Full Text:

PDF

References


Agustin, N. 2019. Pengaruh pendekatan saintifik terhadap keterampilan berpikir kritis siswa subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku kelas IV sekolah dasar. Child Education Journal. 1(1): 36-43.

Arikunto, S. 2010. Metode peneltian. Rineka Cipta. Jakarta

Belecina, R.R., & Ocampo, J.M. 2018. Effecting change on students’ critical thinking in problem solving. Educare; International Journal for Educational Studies 10(2): 108-118

Budang, P., Wedyawati, N., & Fransiska, F. 2017. Korelasi Pola Asuh Orangtua dengan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Tengadak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(2): 349-356.

Febly, F., & Fitriza, Z. 2021. Development of Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC) to Investigate Senior High School Student’s Misconception of Hidrolisis Material. AIP Conference Proceedings. 27: 621–630

Fisher, A., & Scriven, M. 1997. Critical Thinking. Its definition and evaluation. Edge Press: Point Reyes. CA. USA

Fitriza, Z., Aini, F. Q., Handayani, P., & Munira, I. 2020. Development of structured essay diagnostic test of chemistry (SEDToC) to investigate senior high school student’s conception of buffer solution. In AIP Conference Proceedings. 2229 (1): 020012

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. 2018. Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 2(1): 1-7.

Kholifah, N. 2019. Pendekatan Ilmiah (Scientific Approach) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013: Studi Analisis Berdasarkan Paradigma Positivistik. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman. 5(1): 1-23.

Lisa, I., Irianti, M., & Rahmad, M. 2016. Analisis Keterlaksanaan Pendekatan Saintifik Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Fisika Menurut Presepsi Siswa SMA Negeri Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 3(2): 1-12.

Machin, A. 2014. Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1): 29-35

Musfiqon, M., & Nurdyansyah, N. 2015. Pendekatan pembelajaran saintifik. Nizamia Learning Center. Sidoarjo

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. 2018. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.

Pamungkas, M.D. 2019. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik pada Matematika. Jurnal Theorems. 4(1): 115-124.

Setiaman, S. 2019. Analisis Korelasi dan Regresi Linier Sederhana. PPNI Qatar 2019.

Yoki, A. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta

Yudha, C.B. 2019. Pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika. 9(1): 31-36.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i1.7852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.