Cover Image

HUBUNGAN ALIRAN PROGRESIVISME PENDIDIKAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA

Suci Mulyani, Jimmi Copriady

Abstract


Progressivisme pendidikan adalah bagaimana mengajarkan cara belajar yang tepat, sehingga seorang dapat belajar setiap saat dari realitas secara mandiri, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Salah satu upayanya dalam pengembangan kurikulum berbasis kompetensi meliputi: kewenangan pengembangan, strategi pembelajaran, penataan isi/konten, serta model sosialisasi, lebih disesuaikan dengan perkembangan situasi dan kondisi, serta era yang terjadi saat ini. Strategi pembelajaran diarahkan pada upaya mengembangkan kemampuan siswa dalam mengelola perolehan belajar (kompetensi) yang paling sesuai dengan kondisi masing-masing. Metode yang digunakan adalah penelitian Library Research atau penelitian kepustakaan bertujuan untuk mengeksplore data dan informasi dengan berbagai sumber yang diperoleh dari buku, jurnal, makalah, dokumen, catatan dan lain-lainnya yang berhubungan dengan aliran progresivisme pendidikan dan strategi pendidikan. Progresivisme pendidikan yang memandang bahwa kehidupan dan pendidikan itu berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Strategi yang digunakan dalam pembelajaran kimia bersifat eksperimental dan konstruktif, seperti Contextual  Teaching  and  Learnig (CTL), REACT dan inkuiri. Strategi yang mengaitkan pembelajaran dengan dengan kehidupan sehari-hari, lingkungan sekitar dan memanfaatkan segala sumber belajar.


Keywords


Educational Progressivism, Education, Curriculum, Chemistry Learning Strategy

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S., Sulaiman, Aslamiyah, & Noorhafizah. 2014. Strategi Pembelajaran. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta

Anwar, M. 2015. Filsafat Pendidikan. Kencana. Jakarta

Faiz, A., & Kurniawaty, I. 2020. Konsep Merdeka BelajarPendidikan Indonesia dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 12(2); 155-164.

Faiz, A., & Purwati. 2021. Peran Filsafat Progresivisme dalam Mengembangkan Kemampuan Calon Pendidik di Abad Ke-21. Journal Education and Development. 9(1): 131-135.

Fauziya, S. N., & Abdul, T. 2022. Kaitan Pandangan Aliran Filsafat Progresivisme terhadap Siswa Slow Learners dalam Proses Pembelajaran. Griya Jounal of Macthematics Education and Applicatio. 2(1): 70-79.

Gera, I.G. (2020). Analisis Pembelajaran E-Learning dalam Perspektif Aliran Filsafat Pendidikan Progresivisme. Jurnal studi Islam dan Sosial. 1(2): 167-178.

Hadinugrahaningsih, T., Rosita, & Kurniadewi, F. (2019). Pengaruh Strategi "REACT" terhadap Literasi Kimia Peserta Didik Kelas X MIA pada Pembelajaran Reaksi Redoks. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(1): 14-20.

Haidir, H., Salim, S. 2014. Strategi pembelajaran; Suatu pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar siswa secara transformatif. Cetakan Kedua. Perdana Mulya Saran. Medan

Hutagulung, U.A., & Baroroh, R. 2019. Penerapan strategi pembelajaran eksperimen terhadap minat belajar peserta didik di kelas X . Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 6(2): 214-220.

Ismawati, R. 2017. Strategi react dalam pembelajaran kimia SMA. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1): 1-7.

Mindayani, N. 2019. Penerapan Aliran Pendidikan Progresivisme pada Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 1 NA IX-X. Jurnal Edukasi Kultura. 6(2): 1-7

Mulyono, & Wekke, I.S. 2018. Strategi Pembelajaran di Abas Digital. Yogyakarta: CV.Adi Karya Mandiri.

Noviyanti, I.N. 2019. Kurikulum 2013 dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Progresivisme. Journal of Mathematic and Mathematic Education. 9(1): 35-43.

Panggabean, S., Widyaastuti, A., Nurtanti, M., Kholifah, N., Cecep, H., Subakti, H., Sianipar L.K., Darmayanti, W.K., Ardiana, D.P.Y., Chamidah, D. & Purba F.J. 2021. Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis. Jakarta

Sekarwaty, E., & Fauziati, E. 2021. KURTILAS dalam Perspektif Pendidikan Progresivisme. jurnal pendidikan sains dan sains lentera, 29-35.

Sianturi, B.S. 2018. Penerapan strategi pembelajaran inkuiri yang diintegrasikan dengan media exe learning untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan ikatan kimia. Jurnal Guru Kita. 2(2); 84-90.

Sumantri, M.S. 2015. Strategi Pembelajaran: teori dan praktik di tingkat pendidikan dasar. Edisi . Raja Grafindo Persada. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i1.7833

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.