Cover Image

DESAIN DAN UJI COBA E-MODUL BERBASIS LEARNING CYCLE 8E PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Ayulia Esaputri, Heppy Okmarisa

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena tidak adanya aksesibilitas media pembelajaran yang membuat siswa efektif mengikuti pembelajaran kimia. E-modul yang dirancang menggunakan model pembelajaran learning cycle 8E yang memiliki manfaat membuat siswa berpikir efektif dalam melacak ide-ide pembelajaran, karena learning cycle 8E diatur secara sistematis. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk membuat e-modul yang didasarkan pada learning cycle 8E yang dapat membuat siswa berpikir efektif dalam menemukan ide pembelajaran hidrolisis garam dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, (2) untuk mengetahui persentase kevalidan dan kepraktisan e-modul hidrolisis garam berbasis learning cycle 8E. Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang meliputi tahapan (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft awal produk, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk awal. Uji lapangan dilakukan  pada siswa SMA kelas XII MIPA 6. Hasil uji validitas oleh ahli media dan ahli materi memperoleh hasil sebesar 88,8% (sangat valid). Hasil uji kepraktisan oleh guru kimia memperoleh hasil sebesar 86,4% (sangat praktis), serta hasil  uji respon siswa memperoleh hasil sebesar 89,4% (sangat praktis).


Keywords


E-Module, Learning Cycle 8E, Salt Hydrolysis

Full Text:

PDF

References


Agusti, M., Ginting, S.M., & Solikhin, F. 2021. Pengembangan e-modul kimia menggunakan exe-learning berbasis learning cycle 5e pada materi larutan penyangga. ALOTROP. 5(2): 198-205.

Ardiansyah, R., Corebima, A. D., Rohman, F. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Mutasi Genetik Pada Matakuliah Genetika. Jurnal Pendidikan. 2(7): 927-933.

Arfah, N., Yuni, F. 2020. Desain Dan Uji Coba Video Stop Motion Sebagai Media

Pembelajaran Perkembangan Teori Model Atom. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau. 5(2): 46-54.

Darwis, D., Fitriani, E., & Styariyani, D. 2020. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Learning Cycle 5E Pada Pembelajaran Kimia Materi Asam-Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK). 10(1): 9-17.

Fitriyani, D., Rahmawati, Y., Yusmaniar. 2019. Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit dengan 8E Learning Cycle. Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 9(1): 30–40.

Hafiz, M., Desniarti., Anisa, Y. 2020. Pembelajaran Daring yang Dihadapi Guru Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(2): 103-106.

Herliandry, A.D., Nurhasanah., Suban, M.E., Kuswanto, H. 2020. Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan. 22(1): 65–70.

Indriani, N., Lazulva. 2020. Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural Science and Integration. 3(1): 87-105.

Mahardika, E., Nurbaity., Ridwan, A., Rahmawati, Y. 2018. Analisis Struktur Kognitif Siswa Dengan Metode Flowmap Dalam Materi Asam Basa Menggunakan Model Learning Cycle 8E. Jurnal Kimia dan Pendidikan. 3(1): 51-65.

Maisarmah, S. 2022. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Phenomenon Based Learning Untuk Mengarahkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikn Kimia Unversitas Riau. 7(1): 42-54.

Mashami, R.A., & Khaeruman. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif Kimia Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Kependidikan Kimia. 8(2): 85-96.

Priyanthi, K.A., Agustini, K., Santyadiputra, D, S. 2017. Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Karmapati. 6(1): 40-49.

Septryanesti, N., Lazulva. 2019. Desain dan Uji Coba E-Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Blog Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Tadris Kimiya. 4(2): 202–215.

Sihombing, N., & Suyanti, R.D. 2022. Pengaruh Model Learning Cycle Berorientasi Collaborative Learning Berbantuan E-Modul Laju Reaksi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Indonesia Sosial Sains. 3(3): 419-427.

Simatupang, L., Santika, I. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Kesetimbangan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 3(1): 76-85.

Sugiharti, S.D., Supriadi, N., & Andriani, S. 2019. Efektivitas model learning cycle 7e berbantuan e-modul untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 8(1): 41-48.

Tarigan, Y., Amir, H., & Ginting, S.M. 2022. Pengembangan e-modul berbasis learning cycle 7e pada materi larutan penyangga. Alotrop. 6(1): 62-69.

Yuangga, K.D., Sunarsi, D. 2020. Pengembangan Media dan Strategi Pembelajaran Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Pandemi Covid 29. Jurnal Guru Kita. 4(3): 51-58.

Zakiyatun, C. 2017. Pengaruh Media Peta Konsep Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar dan Daya Ingat Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Pontianak. Ar-razi Jurnal Ilmiah. 5(2): 159-168.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i1.7831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.