Cover Image

PENGEMBANGAN LKPD HAKIKAT ILMU KIMIA BERBASIS ETNOSAINS TERINTEGRASI STEAM PADA PEMBELAJARAN DI SMA

Vittorio Tya Aqilla, Effendi Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Hakikat Ilmu Kimia berbasis Etnosains terintegrasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) pada pembelajaran di SMA dan mengungkapkan kategori validitas dan praktikalitas LKPD yang dihasilkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D (Define, Design, Development and Disseminate) namun tahap disseminate tidak dilakukan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada 5 validator serta angket praktikalitas kepada 2 orang guru kimia dan 25 peserta didik. Data validitas diolah menggunakan rumus skala Aiken’s V dan data praktikalitas diolah menggunakan rumus %NP. Hasil penelitian validitas diperoleh rata-rata sebesar 0,897 dengan kategori valid, sedangkan hasil praktikalitas terhadap guru dan peserta didik diperoleh presentase rata-rata 94% dan 95% dengan kategori sangat praktis. Sesuai dengan hasil penelitian disimpulkan bahwa LKPD yang dikembangkan valid dan praktis sehingga bisa diterapkan pada pembelajaran.

Keywords


The nature of chemistry, student worksheet, ethno-sciences, STEAM,

Full Text:

PDF

References


Arfianawati, S., Sudarmin, W. S. 2016. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pengajaran MIPA, 21(1): 46–51.

Astari, J. I. R., Sumarni, W. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Bermuatan Etnosains Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Chemistry in Education, 9(2): 31-39.

Boslaugh, S dan Watters, P. A. 2008. Statistics In A Nutshell, A Desktop Quick Refrence. O’reilly. Cambridge.

Imansari, M., Sudarmin, Sumarni, W. 2018. Analisis Literasi Kimia Peserta Didik Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Bermuatan Etnosains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2): 2201-2211.

Khasanah, W. U., & Sumarni, W. 2021. Desain LKPD menggunakan pendekatan etnosains untuk meningkatkan kemampuan literasi kimia peserta didik. Chemistry in Education. 10(2): 78-85.

Novelia, R. 2017. Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. 1(1): 20-25.

Nugraheny, D.C. 2018. Penerapan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Life Skills Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dan Sikap Ilmiah. Jurnal Visipena. 9(1): 194-214.

Nugroho, I.R., Ruwanto, B. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Sosial Instagram Sebagai Sumber Belajar Mandiri Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(6): 460-470.

Pertiwi, W. J., Solfarina, S., & Langitasari, I. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnosains Pada Konsep Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2717-2730.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press. Yogyakarta.

Putra, A. A., Marlida, Y., Khasrad, K., Azhike, S. Y. D., Wulandari, R. 2011. Perkembangan dan usaha pengembangan dadih: sebuah review tentang susu fermentasi tradisional Minangkabau. Jurnal Peternakan Indonesia (Indonesian Journal of Animal Science). 13(3): 159-170.

Siagian, G., Sirait, D. E., Situmorang, M. V., Silalahi, M.V. 2022. pengembangan e-LKPD berbasis etnosains untuk melatih keterampilan literasi sains pada materi zat makanan. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar. 2(2): 63-87.

Sriyati, S., Ivana, A., Pryandoko, D. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal Dadiah Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 9(2): 168–180.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Thiagarajan, S. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. National Center for Improvement Educational System. Washinton DC

Viranza, V., Ismayani, A., Hanum, L. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Team Quiz pada Materi Hakikat Ilmu Kimia di Kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia. 3(1): 32–39.

Yunus, Y. 2019. Perancangan Dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sisetem Komputer (Studi Kasus Kelas X Rpl SMK Negeri 2 Padang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 6(1): 80-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i2.7829

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.