
ANALISIS GERMANE COGNITIVE LOAD SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DIMASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardayeni, E., Yuhana, Y., Hendrayana, A. 2019. Analisis germane cognitive load siswa ditinjau dari gaya belajar matematis pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01): 26-35.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Futra, D., Primahardani, I., Putra, R. A., & Albeta, S. W. 2021. Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 oleh Mahasiswa Pendidikan Kimia: Bentuk, Implementasi dan Harapan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2): 266-279.
Garnasih, T. 2018. Kemampuan siswa dalam mengelola extraneous cognitive load pada pembelajaran klasifikasi tumbuhan dengan menggunakan apersepsi tayangan video. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2): 29-33.
Inderasari, E., Oktavia, W., Agustina, T., & Fajriyani, N. 2019. High Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Pada Analisis Kebahasaan Butir Soal Bahan Ajar Bahasa Indonesia Tingkat SMA/MA. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra V. 5(1): 110-114.
Jong, T.D. 2010, Cognitive Load Theory, Educational Research, And Instructional Design: Some Food For Thought. Intructional Science. 38(2): 106-119.
Kalyuga, S. 2011. Informing: A Cognitive Load Perspective. Informing Sci. International Journal of an Emerging Transdiscipline. 14: 33–45.
Kamaruddin. 2016. Penerapan Pembelajaran Statistika 2 Mengacu Pada Teori Beban Kognitif Pada Mahasiswa Matematika Universitas Kaltara Tahun Ajaran 2015/2016. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. ISBN. 978-602-73403-1-2.
Mansyur, A.R. 2020. Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di Indonesia. Education and learning journal. 1(2): 113-123.
Mayer, R.E, Moreno, R. 2010. Cognitive Load Theory: Techniques That Increase Generative Processing in Multimedia Learning: Open Questions for Cognitive Load Research. Cambridge University Press. United State of America
Merrienboer, J.J.G. dan Sweller, J., 2005, Cognitive Load Theory and Complex Learning: Recent Developments and Future Directions. Educational Psychology Review. 17(2): 149-151.
Mukti, A.T 2017. Analisis Beban Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Abdimas. ISBN. 978-602-50110-3-0.
Nurwanda, Y., Milama, B., Yunita, L. 2020. Beban Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di Pondok Pesantren. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 14(2):2629-2641
Sweller, J. 2010. Cognitive load theory: Recent theoretical advances. University Press. Cambridge
Yohanes, B., Subanji, S., Sisworo, S. 2016. Beban Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Materi Geometri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(2):187-195.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i1.7817
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.