Cover Image

ANALISIS GERMANE COGNITIVE LOAD SISWA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DIMASA PANDEMI COVID-19

Herman Herman, Putri Ade Rahma Yulis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana germane cognitive load siswa pada materi sifat koligatif larutan dimasa pandemi covid-19. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga didapatkan sampel dalam sebanyak 30 siswa kelas XII MIA 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 siswa memiliki germane cognitive load yang sangat tinggi, 14 siswa memiliki germane cognitive load yang tinggi, 11 siswa memiliki germane cognitive load yang cukup tinggi, dan 3 siswa memiliki germane cognitive load yang baik, sehingga didapatkan  rata-rata nilai siswa pada tes dalam menaganalis germane cognitive load siswa pada materi sifat koligatif larutan sebesar 54,72. Nilai rata-rata tersebut masuk dalam kategori kurang. Hal ini berarti bahwa siswa kelas XII MIA 3 memiliki germane cognitive load yang tinggi pada materi sifat koligatif larutan. Semakin rendah nilai siswa maka semakin besar germane cognitive load siswa yang artinya siswa tersebut merasa kesulitan dalam mengerjakan soal sifat koligatif larutan tersebut.

Keywords


Germane cognitive load, Pandemi Covid-19, Sifat koligatif laruta

Full Text:

PDF

References


Ardayeni, E., Yuhana, Y., Hendrayana, A. 2019. Analisis germane cognitive load siswa ditinjau dari gaya belajar matematis pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01): 26-35.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Futra, D., Primahardani, I., Putra, R. A., & Albeta, S. W. 2021. Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 oleh Mahasiswa Pendidikan Kimia: Bentuk, Implementasi dan Harapan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2): 266-279.

Garnasih, T. 2018. Kemampuan siswa dalam mengelola extraneous cognitive load pada pembelajaran klasifikasi tumbuhan dengan menggunakan apersepsi tayangan video. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2): 29-33.

Inderasari, E., Oktavia, W., Agustina, T., & Fajriyani, N. 2019. High Order Thinking Skill (HOTS) Taksonomi Pada Analisis Kebahasaan Butir Soal Bahan Ajar Bahasa Indonesia Tingkat SMA/MA. Konferensi Nasional Bahasa dan Sastra V. 5(1): 110-114.

Jong, T.D. 2010, Cognitive Load Theory, Educational Research, And Instructional Design: Some Food For Thought. Intructional Science. 38(2): 106-119.

Kalyuga, S. 2011. Informing: A Cognitive Load Perspective. Informing Sci. International Journal of an Emerging Transdiscipline. 14: 33–45.

Kamaruddin. 2016. Penerapan Pembelajaran Statistika 2 Mengacu Pada Teori Beban Kognitif Pada Mahasiswa Matematika Universitas Kaltara Tahun Ajaran 2015/2016. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY. ISBN. 978-602-73403-1-2.

Mansyur, A.R. 2020. Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di Indonesia. Education and learning journal. 1(2): 113-123.

Mayer, R.E, Moreno, R. 2010. Cognitive Load Theory: Techniques That Increase Generative Processing in Multimedia Learning: Open Questions for Cognitive Load Research. Cambridge University Press. United State of America

Merrienboer, J.J.G. dan Sweller, J., 2005, Cognitive Load Theory and Complex Learning: Recent Developments and Future Directions. Educational Psychology Review. 17(2): 149-151.

Mukti, A.T 2017. Analisis Beban Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Abdimas. ISBN. 978-602-50110-3-0.

Nurwanda, Y., Milama, B., Yunita, L. 2020. Beban Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Kimia Di Pondok Pesantren. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 14(2):2629-2641

Sweller, J. 2010. Cognitive load theory: Recent theoretical advances. University Press. Cambridge

Yohanes, B., Subanji, S., Sisworo, S. 2016. Beban Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Materi Geometri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(2):187-195.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i1.7817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.