Cover Image

PENGEMBANGAN E-MODULE MENGGUNAKAN APLIKASI 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA POKOK BAHASAN ASAM DAN BASA

Sindy Oktavia, Sri Haryati, Erviyenni Erviyenni

Abstract


Pembelajaran abad 21 identik dengan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi inovatif, menarik, dan berkualitas. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan e-module menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional pada pokok bahasan asam dan basa dengan kategori valid berdasarkan aspek substansi isi, desain pembelajaran, komunikasi visual, dan pemanfaatan software. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu merujuk pada model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluate). Instrumen penelitian berupa lembar validasi yang dinilai oleh dua orang ahli materi dan dua orang ahli media. Hasil yang diperoleh dari analisis data validasi pada aspek substansi isi, desain pembelajaran, komunikasi visual dan pemanfaatan software berturut-turut sebesar 94,44%, 94,917%, 94,318%, dan 95,83% dengan kriteria valid. E-module yang telah memperoleh kriteria valid menurut validator diuji respon kepada tiga orang guru bidang studi kimia dan 20 orang peserta didik. Hasil persentase respon peserta didik sebesar 92,596% dengan kriteria sangat baik, dan hasil persentase respon guru sebesar 95,58%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data tersebut bahwa dihasilkan e-module menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional yang valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran kimia tingkat SMA pada pokok bahasan Asam dan basa.

 


Keywords


E-Module; 3D PageFlip Professional; Asam dan Basa

Full Text:

PDF

References


Aprida, P., Dasopang, M. D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman 3(2): 333-352. IAIN Padang Sidimpuan. Padang

Tung, K. Y. 2017. Desain Instruksional Perbandingan Model dan Implementasinya. Andi. Jakarta

Jumiana, M. 2018. Pengembangan E-Modul Menggunakan Program 3D PageFlip Professional Pada Materi Hidrokarbon. Artikel Ilmiah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Jambi

Rusman. 2015. Belajar dan Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Alfabeta. Bandung

Sukardi. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Bumi Aksara. Yogyakarta

Yusuf, S. 2016. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya. Bandung

Ristanti, V. N. D., Nurmilawati, M., Sulistiyowati, T. I. 2019. Respon Siswa Terhadap Modul Pembelajaran Berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellegency) Pada Materi Ekosistem di SMAN 1 Papar. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya 6(1): 36-38. Universitas Nusantara PGRI. Kediri

Savira, Y. M., Budi, A. S., Supriyanti, Y. 2019. Pengembangan E-Modul Materi Momentum dan Impuls Menggunakan Aplikasi Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF VIII: 25-36. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v6i1.7793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.