PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN ION DAN PH LARUTAN GARAM DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 14 PEKANBARU
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agus Irianto. 2003. Statistika Konsep Dasar dan Aplikasi. Kencana. Jakarta.
Damis dan Muhajis. 2018. Analisis Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Pada Sekolah Dasar Negeri 3 Allakuang Kecamaran Maritengngae Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal Idaarah. 2(2):216-228. Fakultas Agama Islam Universitas Timur. Makassar
Hake, R.R. 1998. Interactive-engagement vs traditional methods : A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. Am. J. Phys
Hisyam Zaini. 2009. Strategi Pembelajaran Aktif Implementasi dan Kendalanya di Dalam Kelas. Seminar Lokakarya Nasional Pendidikan Biologi. 18 Juli 2009. FKIP UNS. Surakarta
Mareza Diantari, M. Hasan, dan Habibati. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Prestasi belajar Peserta didik Pada Materi Koloid di Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Indrapuri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia 3(1):22-31. Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh.
Mutiara Zanzibar. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Melalui Kegiatan Field Trip ke Bangka Botanical Garden (BBG) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015. 8 dan 9 Juni 2015. ITB. Bandung.
Roestiyah N.K. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.
Suharsimi Arikunto. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
Suparno, P. 2007. Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivisme dan Menyenangkan. USD. Yogyakarta.
Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta.
Wina Sanjaya. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Kencana Prenada Media Grup. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v5i1.7394
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.