Cover Image

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK BUKU SAKU PADA POKOK BAHASAN ASAM BASA

Nova Trisna Wati, Erviyenni Erviyenni, Betty Holiwarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk buku saku pada pokok bahasan asam basa yang valid berdasarkan aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, kegrafisan dan praktis untuk digunakan peserta didik dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian (Reasarch) dan pengembangan (Development), dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi analisis), desain, pengembangan, Implementasi), dan evaluasi. Penelitian ini baru dilakukan sampai tahap pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah statistik deskriptif, yaitu dengan cara menghitung persentase nilai validasi. Data-data yang diperoleh berasal dari validator yang terdiri atas tiga dosen ahli, responden yang terdiri atas empat guru dan 30 peserta didik dari dua SMA yaitu SMAN 3 dan SMAN 5 Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar dalam bentuk buku saku pada pokok bahasan asam basa kelas XI untuk SMA/MA se-derajat dinyatakan valid memenuhi aspek kelayakan isi, aspek kelayakan kebahasaan, aspek kelayakan sajian dan aspek kelayakan kegrafisan. Skor rata-rata keseluruhan validasi buku saku adalah 91,92% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba respons guru dan peserta didik terhadap buku saku asam basa berturut-turut adalah 90% dan 93,57% dengan kriteria sangat baik sehingga buku saku dinyatakan praktis untuk digunakan peserta didik dalam pembelajaran.


Keywords


penelitian dan pengembangan, bahan ajar, buku saku

Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada. Jakarta. Budiningsih, T.Y. Rusilowati, A. Marwoto, P. 2015. Pengembangan buku ajar ipa terpadu berorientasi literasi sains materi energi dan suhu. Journal of Innovative Science

Education. 4(2): 3 – 40.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat

Pembinaan Sekolah Menengah Atas. Jakarta.

Endang W. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Seminar Pelatihan Penyusunan

LKS Untuk Guru SMK/MAK pada Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Jurusan Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam jaringan http://staffnew.uny.ac.id/upload/131569340/pengabdian/kualitas-lks.pdf (Diakses 15 Oktober 2018).

Hamalik, O. 2005. Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara. Jakarta.

Mucharommah S.A, Endang S., Raharjo. 2012. Pengembangan Buku Saku Materi Sistem

Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Jurnal Bioedu, 1(2): 10 – 13.

Muruganantham, G. 2015. Developing of E-content package by using ADDIE model . International Journal of Applied Research. 1(3): 52-54Rahmawati, N.L. Sudarmin, Pukan, K.K. 2013. Pengembangan buku saku ipa terpadu bilingual dengan tema bahan kimia dalam kehidupan sebagai bahan ajar di MTs. Unnes Science Education Journal. 2(1): 157–164.

Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung. Salyani, R. 2018. Pengembangan Buku Saku pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (Redoks) di MAN Model Banda Aceh. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA. 02(01); 7-

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pres. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v4i2.7165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.