PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI
Keywords:
Osborn model, Learning outcomes, Reduction and oxidation reactionsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan model pembelajaran Osborn dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan reaksi reduksi dan oksidasi di kelas X MIPA SMAN 10 Pekanbaru. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen serta rancangan penelitian randomized control group pretest-posttest. Sampel penelitian ini kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Kedua kelas dilakukan uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan diuji homogenitas menggunakan uji kesamaan dua rata- rata. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Osborn sedangkan kelas kontrol tanpa penerapan Osborn. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pihak kanan. berdasarkan uji analisis data diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,30 >1,67, artinya penerapan model pembelajaran Osborn dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X MIPA SMA Negeri 10 Pekanbaru.