PENGEMBANGAN MODUL TERINTEGRASI STEM PADA MATERI KESETIMBANGAN ION DAN pH LARUTAN PENYANGGA

Authors

  • Agus Syahputra Universitas Riau Author
  • Herdini Herdini Universitas Riau Author
  • Abdullah Abdullah Universitas Riau Author

Keywords:

STEM, Learning module, Ion Equilibrium and pH of buffer solutions, Plomp model

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan Modul terintegrasi STEM pada materi kesetimbangan ion dan pH larutan penyangga. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model pengembangan yang mengadopsi model pengembangan Plomp. Objek penelitian yaitu modul terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar dan rubrik validasi yang dinilai oleh validator dan angket responden yang mencakup dua orang guru kimia dan 13 orang peserta didik kelas XII IPA SMA. Analisis data dilakukan dengan menghitung skor penilaian dari validator dan responden. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa modul terintegrasi STEM yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan modul (kelayakan isi, bahasa, penyajian dan kegrafisan) dengan persentase skor keseluruhan aspek kelayakan modul sebesar 90,04%. Persentase skor respon pengguna berdasarkan angket respon guru dan peserta didik berturut-turut sebesar 91,25% dan 91,02%.

Downloads

Published

2021-07-22