INTEGRASI STRATEGI PEMBELAJARAN NHT DALAM MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MEMOTIVASI DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Triani Triani Universitas Riau Author
  • Jimmi Copriady Universitas Riau Author
  • Rasmiwatti Rasmiwetti Universitas Riau Author

Keywords:

Learning outcomes, learning motivation, Numbered heads together, Problem based learning

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk melihat perbedaan motivasi, hasil belajar dan melihat hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan strategi pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dalam model problem based learning (PBL) untuk pokok bahasan asam-basa di SMAN 4 Pekanbaru. Populasi yang terlibat pada penelitian ini ialah semua peserta didik kelas XI MIA yang terdiri dari enam kelas. Analisis data penelitian digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Pengambilan dan penentuan sampel menggunakan metode randomized control group pretest-postest diperoleh tiga kelas yaitu kelas XI MIA 1 untuk kelas eksperimen 1, kelas XI MIA 2 untuk kelas eksperimen 2 dan kelas XI MIA 4 untuk kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-annova membuktikan terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Di mana untuk motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibanding peserta didik pada kelas eksperimen 2 dan kontrol. Penentuan hubungan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik dilakukan dengan menggunakan uji korelasi person yang membuktikan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi terhadap hasil belajar peserta didik pada kelas yang menerapkan strategi pembelajaran NHT dalam model pembelajaran PBL dengan kategori korelasi sedang.

Downloads

Published

2021-07-21