PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DENGAN MEDIA MOLYMOD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
Think Pair Share, Molymod, Learning Achievement, HydrocarbonAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan media molymod terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest dan posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X tahun ajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X6 sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan posttest serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan t-test. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung= 2,11 dan ttabel= 2,021 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung>ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran TPS dengan media molymod terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrokarbon kelas X SMA Negeri 2 Tembilahan, dengan pengaruh sebesar 10%.