PENGEMBANGAN MODUL TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI KOLOID
Keywords:
Module, Character Education,, Colloidal SubjectAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul terintegrasi pendidikan karakter pada materi koloid. Penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang memiliki 4 tahap yaitu, Define, Design, Develop dan Disseminate. Penelitian hanya dilakukan sampai pada tahap Develop. Validitas modul dinilai dengan 4 aspek, yaitu aspek kelayakan isi, aspek kebahasaan, aspek penyajian dan aspek kegrafisan. Untuk melihat kepraktisan modul dilakukan uji terbatas di dua sekolah, yaitu SMAN 5 Pekanbaru dan MA Darel Hikmah Pekanbaru. Hasil penilaian yang dilakukan oleh 3 validator menyatakan bahwa modul valid dengan persentase rata-rata sebesar 91,59%. Hasil angket terbatas pada 30 orang peserta didik adalah 97,17% dan hasil respons dari 2 orang guru kimia adalah 95,83%. Berdasarkan hasil validasi dan uji terbatas, modul terintegrasi pendidikan karakter pada materi koloid dinyatakan valid dan praktis.