PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA
Keywords:
Student facilitator and explaining, Critical thinking ability, ThermochemistryAbstract
Penerapan model pembelajaran kooperatif Student Facilitator and Explaining (SFAE) telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pokok bahasan termokimia di kelas XI MIA MAN 2 Model Pekanbaru. Bentuk penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara acak setelah dilakukan uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan diuji homogenitas menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan model pembalajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) sedangkan kelompok kontrol tanpa penerapan model pembalajaran SFAE. Analisa data untuk pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis pengolahan data didapatkan thitung > ttabel yaitu 2,56 > 1,67 artinya penerapan model pembelajaran kooperatif SFAE dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pokok bahasan termokimia di kelas XI MIA MAN 2 Model Pekanbaru. N-Gain peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pokok bahasan termokimia di kelas XI MIA MAN 2 Model Pekanbaru sebesar 0,75 dengan kategori sedang.