STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HOREY DAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Keywords:
Comparison, Course Review Horey, Mind Mapping, Result Of Learning, Colloid SystemAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Course Review Horey (CRH) dengan metode pembelajaran Mind Mapping. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMA N 1 Hulu Kuantan. Sampel diambil dengan cara cluster random sampling berjumlah 2 kelas. Pengumpulan data menggunakan soal tes. Analisis data menggunakan uji Nonparametrik Mann-Whitney. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,004 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran Course Review Horey dengan metode pembelajaran Mind Mapping. Sehingga dapat diselidiki lebih lanjut perbedaan hasil belajar dengan memacu pada rerata nilai posttest. Hasil belajar kelas yang menggunakan metode CRH lebih tinggi daripada metode mind mapping.