PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING AND EXTENDING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KELARUTAN (KSP) DI KELAS XI IPA SMAN 4 PEKANBARU

Authors

  • Nurhafni Nurhafni Universitas Riau Author
  • Johni Azmi Universitas Riau Author
  • Herdini Herdini Universitas Riau Author

Keywords:

Prestasi Belajar, Model Pembelajaran, CORE, kesetimbangan Kelarutan (Ksp), SMAN 4 Pekanbaru

Abstract

Penelitian tentang model pembelajaran CORE (connecting, organizing, reflecting and extending) telah dilaksanakan di SMAN 4 Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah penerepan model pembelajaran CORE dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik dan besar pengaruh penerapan model pembelajaran CORE di kelas XI IPA pada pokok bahasan kesetimbangan kelarutan (Ksp). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian randomized control group pretest-posttest. Sampel dari penelitian terdiri dari 2 kelas, kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen (diterapkan model pembelajaran CORE) dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol (tanpa model pembelajaran CORE). Teknik test digunakan sebagai teknik dalam mengumpulkan data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan koefisien determinasi (Kp). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung>ttabel yaitu 5,71 > 1,66, artinya penerapan model pembelajaran CORE dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan kesetimbangan kelarutan (Ksp) di kelas XI SMA Negeri 4 Pekanbaru dengan besar pengaruh penerapan model pembelajaran CORE terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik adalah 31,178%.

Downloads

Published

2019-01-23