PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MELALUI MEDIA WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELETROLIT DAN NON ELEKTROLIT DAN KOLOID DI KELAS X KIMIA ANALIS SMKN 2 PEKANBARU

Authors

  • Lidiana Fitri SMKN 2 Pekanbaru Author
  • Nofianti Nofianti SMKN 2 Pekanbaru Author

Keywords:

Model Pembelajaran, Discovery Learning, Word Square, Elektrolit dan Non Elektrolit, Koloid

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan model pembelajaran discovery learning melalui media word square untuk meningkatkan keaktifan dan ketuntasan belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran discovery learning melalui media word square dapat meningkatkan keaktifan dan ketuntasan belajar siswa dan apakah model pembelajaran ini disenangi oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, dimana siklus I merupakan pokok bahasan larutan elektrolit dan nonelektrolit dan siklus II adalah pokok bahasan koloid. Penelitian ini dilakukan di SMK N 2 Pekanbaru pada kelas X Kimia Analisis tahun ajaran 2016/2017. Data penelitian yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa lembar observasi siswa dan guru, nilai LKS dan evaluasi, nilai ujian blok dan angket persepsi siswa terhadap pembelajaran yang merupakan data pendukung. Hasil yang diperoleh untuk keaktifan siswa, ketuntasan belajas siswa klasikal menurut standar sekolah dan nasional secara berturut-turut untuk siklus I rata-rata adalah 53,40%, 96,97% dan 93,94% serta untuk siklus II adalah 65,36%, 100% dan 93,94%. Persepsi siswa terhadap model pembelajaran discovery learning melalui media word square yang ditetapkan mendapat respons positif. Hal ini dapat dilihat dari jumlah persentase siswa yang memilih sangat setuju dan setuju jawaban angket siklus I dan II berturut-turut adalah 91,73% dan 93,47%.

Downloads

Published

2019-01-23