PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR

Authors

  • Siti Aica Universitas Riau Author
  • Susilawati Susilawati Universitas Riau Author
  • Maria Erna Universitas Riau Author

Keywords:

model pembelajaran CORE, pemahaman konsep, struktur atom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE (connecting, organizing, reflecting and extending) terhadap pemahaman konsep peserta didik pada pokok bahasan struktur atom. Penelitian ini adalah penelitian quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group. Populasi penelitian adalah kelas X SMA Negeri 1 Kampar Timur. Sampel dalam penelitian adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara acak. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran CORE dan kelas kontrol dengan pendekatan saintifik. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes essai. Data yang didapatkan dari tes dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan uji-t pihak kanan. Hasil analisis data diperoleh t-hitung = 5,63 dan t-tabel = 1,66 dengan alfa=0,05, dk=74. T-hitung > t-tabel yaitu 5,63>1,66 artinya penerapan model pembelajaran CORE dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada pokok bahasan struktur atom di kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kampar Timur. Kriteria pemehaman konsep peserta didik pada kelas eksperiman dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,80, sedangkan rata-rata N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,69.

Downloads

Published

2019-01-23