PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADI (ARGUMENT DRIVEN INQUIRY) PADA KONSEP GARAM TERHIDROLISIS

Authors

  • Erna Dwi Susanti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Author
  • Riri Aisyah Universitas Riau Author
  • Cucu Zenab Subarkah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Author

Keywords:

Model Pembelajaran, ADI, Garam terhidrolisis

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses pembelajaran menggunakan model ADI dan menganalisis kemampuan siswa menyelesaikan LKS berbasis ADI pada konsep garam terhidrolisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kelas dengan desain one shoot case study. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 di salah satu SMA Negeri 16 Kota Bandung yang berjumlah 37 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi, LKS, dan rubrik penilaian laporan praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model ADI mencapai rata-rata 91% dan dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian dari penyelesaikan LKS berbasis ADI mencapai rata-rata 73 dan dikategorikan baik, dengan nilai rata-rata tertinggi pada tahap merevisi laporan yaitu 82. Hasil diperolah disebabkan karena adanya kegiatan inkuiri saat praktikum dan kegiatan argumentasi. Dengan demikian model pembelajaran ADI dapat meningkatkan aktivitas siswa dan kemampuan siswa menyelesaikan LKS berbasis ADI pada konsep garam terhidrolisis.

Downloads

Published

2019-01-24