Cover Image

ANALISIS PREKONSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP KONSEP REAKSI OKSIDASI REDUKSI, KONTEKS FLARE, DAN HUBUNGAN KEDUANYA

Nina Safitri, Feri Andi Syuhada

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prekonsepsi peserta didik terhadap konsep reaksi oksidasi reduksi (redoks), konteks flare, dan hubungan keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian mengacu pada komponen kedua Model Of Educational Reconstruction (MER), yaitu studi empiris terkait dengan prekonsepsi peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah lembar prekonsepsi yang diberikan kepada 25 orang peserta didik kelas XI IPA. Data penelitian yang diperoleh berupa tranksrip hasil jawaban peserta didik pada lembar prekonsepsi yang dijabarkan secara kualitatif menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dasarnya peserta didik sudah mempelajari dan mengetahui konsep reaksi oksidasi reduksi tetapi masih belum mampu memahami konsep seutuhnya. Konteks flare sendiri dikalangan peserta didik cukup dikenal, namun pengetahuan peserta didik tentang flare masih sedikit dimana banyak peserta didik yang belum mengetahui hal-hal yang berhubungan dengan flare apalagi mengaitkannya dengan konsep reaksi oksidasi reduksi. Meskipun begitu, peserta didik memiliki pandangan yang cukup terbuka terhadap penerapan konteks flare ke dalam materi pembelajaran kimia reaksi oksidasi reduksi.

 

   

Keywords


Preconception, oxidation reduction reaction, flare, model of educational reconstruction

Full Text:

PDF

References


Anugrah, I. R., Mudzakir, A., & Sumarna, O. 2017. Construction of Context-Based Module: How OLED can be used as a Context in High School Chemistry Instruction. Journal Of Physics: Conference Series, 895(1): 012113.

Duit, R., Gropengießer, H., Kattmann, U., Komorek, M., & Parchmann, I. 2012. The model of educational reconstruction–A framework for improving teaching and learning science. In Science education research and practice in Europe 5:13-37

Diyastuti, R., Asep A & Hernani. 2021. Studi Prakonsepsi Siswa Sekolah Menengah Atas Mengenai Aspek Sains, Teknologi dan Rekayasa pada Konteks Dioda Pemancar Cahaya Organik. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 9(1): 1-12.

Hasanuddin, M.I. 2020. Pengetahuan Awal (Prior Knowledge): Konsep Dan Implikasi Dalam Pembelajaran. Edisi : Jurnal Edukasi dan Sains, 2(2): 217–232.

Jufri, W. A. 2017. Belajar dan Pembelajaran Sains (Modal Dasar Menjadi Guru Profesional). Pustaka Reka Cipta. Bandung

Joyce, O.U., Yingchun, Coates, P., & Bichard, E. 2017. The Impact of Gas Flare on Oil Fields' Environments. Proceedings of Academicsera 10th International Conference, 8-13.

Murti, A. D., Hernani, H., Fatimah, S. S., & Nursiwan, W. A. (2023). Preservice Chemistry Teachers’ Preconception on the Topic of Sustainable Development Oriented Plant Pigments Separation. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 7(4): 345-358.

Laherto A. 2012. Nanoscience Education For Scienctific Literacy Opportunities And Challenges In Secondary School And In Out Of School Settings. Academic Dissertation At Helsinki.

Nurhadi, A R. Hernani, & Musthapa, I. 2020. Students’ Preconceptions of The Context Of Magnetic Media Lubricants And The Related Chemical Contents. Journal of Physics: Conference Series, 1521: 1-7.

Novili, W. I., Utari, S., Saepuzaman, D., & Karim, S. 2017. Penerapan Scientific Approach Dalam Upaya Melatihkan Literasi Saintifik Dalam Domain Kompetensi dan Domain Pengetahuan Siswa SMP Pada Topik Kalor. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1): 57-63.

Osterlund, L.-L., & Ekborg, M. 2009. Students’ Understanding Of Redox Reactions In Three Situations. Nordic Studies in Science Education, 5(2): 115–127.

Pursitasari, I.D., Suhardi, Ardianto, & Arif. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Bermuatan Konteks Kelautan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 3(2): 88-105.

Pratiwi S. N., Cari, & Aminah. 2019. Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1): 34-42.

Sutrisna, N. 2021. Analisis Kemmapuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12): 2683-2693.

Syofyan, H. 2019. Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Untuk Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2): 35–43.

Wijaya, K., Hernani & G Yuliani. 2020. Identification of Senior High School Students’ Preconception on Artificial Muscle Context in Chemistry Learning. Journal of Physics: Conference Series. 1521(4): 1-5.

Yulita, I. 2017. Desain Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains: Hakekat Ilmu Kimia pada Konteks Air Laut. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY. pp:89-100.

Yulita, I. 2018. Analisis Prekonsepsi Siswa Terhadap Kemampuan Menghubungkan Konteks Air Laut Dengan Konten Hakikat Ilmu Kimia Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 6(1): 64-72.

Yusmaita, E., Mudzakir, A., & Hernani, H. 2017. Pengembangan Model Rekonstruksi Pendidikan Pada Bahan Ajar Sel Elektrokimia Berbasis Green Chemistry. Jurnal Eksakta Pendidikan, 1(1): 71-78.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v9i2.7927

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.