Cover Image

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI KOLOID DI SMAN 2 MEDAN

Serli Wijaya, Eddiyanto Eddiyanto, Sitti Darna Derita Munte

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Project Based Learning lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model kovensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA SMA Negeri 2 Medan. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan yaitu pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning(PjBL), sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes kemampuan awal siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan pengujian Independent T-Test dengan α = 0,05 diperoleh nilai thitung sebesar 7,21 dan ttabel sebesar 2,71 (Ha diterima). Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PjBL lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Hal ini berarti model Project Based Learning memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan model konvensional.


Keywords


Project Based Learning, learning achievement, colloid

Full Text:

PDF

References


Anwar, Y., Fadillah, A., & Syam, M. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Pendidikan, 30(3): 399–408.

Arfani, L. 2018. Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. Jurnal PPKn & Hukum, 11(2) : 81–97.

Gultom, E. R., & Muchtar, Z. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pembelajaran E-Learning Materi Kesetimbangan Kimia. Educenter :Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4) : 327–334.

Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. 2020. A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 10(2): 1–13.

Handayani, R. H., & Muhammadi, M. 2023. Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SD. e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(2): 79-88.

Hutabarat, H., Elindra, R., & Harahap, M. S. 2022. Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMA Negeri Sekota Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3) : 58–69.

Junaedi, I. 2019. Proses pembelajaran yang efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2): 19–25.

Muliaman, A., & Mellyzar. 2020. Peningkatan hasil belajar menggunakan model project based learning pada materi laju reaksi. Journal of Chemistry In Education, 9(2): 1–5.

Muryati, M. 2019. Meningkatkan Kemampuan Guru Kimia Dalam Mengelola Pembelajaran Dengan Model Project Based Learning. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3): 174-183.

Oktaviani, C. 2020. Implementasi model project based learning terhadap pelaksanaan proyek peserta didik pada materi indikator alami di kelas XI IPA SMAN 4 Banda Aceh. In Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan. 1(1): 137-142.

Qholby, W. J., & Lazulva. 2020. Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Melalui Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Journal of Research and Education Chemistry (JREC), 2(1) :23–29.

Sari, R., & Alizar, A. 2023. Pengembangan LKPD Kesetimbangan Kimia Berbasis Project Based Learning (PjBL) Untuk Fase F SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3): 22549-22555.

Sasmono, S. 2018. Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Pokok Bahasan Hakikat Ilmu Kimia. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2) :189–200.

Siburian, B. K., Rampe, M. J., & Lombok, J. Z. 2021. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Asam Basa di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Tondano. Oxygenus, Journal of Chemistry Education, 3(2) : 76–80.

Sukmana, I. K., & Amalia, N. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5): 3163-3172.

Sulema, N. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Pendidkan Kimia, 2(1): 1–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v9i1.7920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.