Cover Image

PROFIL KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA MAHASISWA BARU PENDIDIKAN KIMIA

Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang profil kemampuan awal matematika mahasiswa baru pendidikan kimia, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kemampuan awal matematika mahasiswa baru. Subjek penelitian merupakan 64 orang mahasiswa baru pendidikan kimia UIN Suska Riau pada semester 1 tahun ajaran 2022/2023. Kemampuan awal matematika mahasiswa baru sebagian besar berada pada kategori rendah. Penguasaan materi matematika pada jenjang SD-SMP oleh mahasiswa baru cukup baik. Namun, penguasaan materi matematika pada jenjang SMA sangat rendah.  Perlu dilakukan peningkatan kemampuan matematika mahasiswa baru pada materi logaritma, diferensial, dan integral.



Keywords


CORE learning model, chemistry learning, learning achievement, equilibrium of ion and pH

Full Text:

PDF

References


Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., Mutakinati, L. 2020. The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1): 38–49.

Adi, M., Siregar, P., Nasution, I. N., Al-washliyah, U. M. N. 2018. Pengaruh kemampuan dasar matematika terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian;182–186.

Adi, N. N. S., Oka, D. N., Wati, N. M. S. 2021. Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1): 43-48

Ario, M. 2019. Profil Kemampuan Awal Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2): 72–77.

Atuahene, F., Russell, T. A. 2016. Mathematics Readiness of First-Year University Students. Journal of Developmental Education, 39(3): 12-32

Cunningham, A., Grove, M. 2014. Maths for Chemists University of Birmingham. University of Birmigham. London.

Derr, K., Hübl, R., Ahmed, M. Z. 2018. Prior knowledge in mathematics and study success in engineering: informational value of learner data collected from a web-based pre-course. European Journal of Engineering Education, 43(6): 911–926.

Eliza, R., Utami, N. P., Warahma, S. 2022. Higher Order Thinking Skills of Mathematics Education Students at State Islamic Higher Education in Central Sumatera. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1): 71–84.

Farnell, T., Skledar, N. M., Schmidt, A. Š. 2021. The impact of COVID-19 on higher education: A review of emerging evidence. In European Commission: 1-70

Hakim, F., Amanda, D. 2021. Mathematics Learning Assessment During The Covid-19 Pandemic (A Case Study of Middle School Teachers in West Sulawesi Province). Matematika Dan Pembelajaran, 9(1): 1–14.

Hevriansyah, P., Megawanti, P. 2017. Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. 2(1): 37-44

Isana, S. Y. L. 1991. Peranan Matematika dalam Kimia. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 1(1): 91–102.

Karmen, R. F., Pribadi, F. 2022. Dampak Positif Negatif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. Adalah;Buletin Hukum dan Keadilan, 6(3): 62–75.

Kurniawati, A. 2021. The Impact of COVID-19 Pandemic on Learning in Indonesia. Jurnal Media Komunikasi Pendikan Teknologi Dan Kejuruan, 8(2): 16–21.

Kusumaningrum, Y. 2023. Kemampuan Literasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Ditinjau Dari Kemampuan awal Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1): 109–116.

Lestari, W. 2017. Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1): 76-84

Muthmainnah, A., Rohmah, S. 2022. Learning Loss: Analisis Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1): 969–975.

Patrinos, H., Vegas, E., Carter-Rau, R. 2022. An Analysis of COVID-19 Student Learning Loss. Educational Global Practice: Policy Research Working Paper. World Bank Group. 10033: 1–31.

Rahayu, R. P., Wirza, Y. 2020. Teachers’ Perception of Online Learning during Pandemic Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3): 392–406.

Silitonga, P. M., Panggabean, F. T. M., Susanti, N., Sinaga, M., Situmorang, L. 2022. Hubungan Kemampuan Matematika dan Kemampuan Awal dengan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Kelas XI pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 4(2): 132-138

Wagiono, F., Shaddiq, S., Junaidi, F. 2021. Implementation of Blended Learning During COVID-19 Pandemic on Civic Education Subjects in Millenial Generation Era. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1): 36–44.

Wahyudi, A. 2021. Learning loss during Covid-19 pandemic in Indonesia and the strategies to minimize it. Journal of English Education and Linguistics, 2(2); 18–25.

Widyasari, A., Widiastono, M. R., Sandika, D., Tanjung, Y. 2022. Fenomena learning loss sebagai dampak pendidikan di masa pandemi covid-19. Best Journal (Biology Education Science & Technology), 5(1): 297–302.

Yahya, A. 2018. Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP Negeri 1 Majene. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 14(1): 11-22




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i2.7912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.