Cover Image

IMPLEMENTASI PENGGUNAAN PANDUAN TEKNIS PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI

Minda Novita, Eka Yusmaita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan panduan teknis pembelajaran project based learning berbasis literasi kimia pada materi laju reaksi untuk meningkatkan literasi kimia peserta didik kelas XI SMA N 2 Pariaman dilihat dari pretest dan posttest. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest posttest design. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA N 2 Pariaman sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal berbentuk uraian sebanyak 17 butir soal. Dari hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata pretest peserta didik 20,93 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,57. Hasil posttest peserta didik menunjukkan bahwa kemampuan literasi kimia peserta didik meningkat. Nilai n-gain yang diperoleh adalah 0,73 dengan kategori tinggi. Kemampuan literasi kimia peserta didik menunjukan bahwa panduan teknis pembelajaran Project Based Learning berbasis literasi kimia pada materi laju reaksi efektif meningkatkan literasi kimia peserta didik kelas XI di SMA N 2 Pariaman.


Keywords


Project based learning, reaction rate material, Plomp model, learning implementation

Full Text:

PDF

References


Aslama, L., & Yusmaita, E. 2023. Implementasi Penggunaan Panduan Teknis Pembelajaran Project Based Learning pada materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3): 1-5

Bender, W. N. 2012. Project-based learning: Differentiating instruction for the 21st century. Corwin Press. United Kingdom

Grant, M. M. 2002. Getting a grip on project-based learning: Theory, cases and recommendations. Meridian: A middle school computer technologies journal, 5(1): 1-17

Gultom, E. R., & Muchtar, Z. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Pembelajaran E-Learning Materi Kesetimbangan Kimia. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(4): 327-334.

Juliani, T., & Roshayanti, J. S. F. 2020. Analisis kemampuan HOTS (higher order hinking skill) siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Jurnal Ilmiah Edukatif, 6(2): 140-146.

Kamdi, W. 2007. Model-model pembelajaran inovatif. Universitas Negeri Malang. Malang

Kaya, E. E & Geban, O. 2012. Facilitating Conceptual Change in Rate of Reaction Concepts Using Conceptual Change Oriented Instruction. Journal Education and Science. 37(163): 216-225

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018. kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Kemendikbud. Jakarta

Kurnia, F., & Ulianas, A. 2023. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Pada Materi Kimia Hijau Fase E SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2); 9581-9589.

Oktaviani, C. 2020. Implementasi model project based learning terhadap pelaksanaan proyek peserta didik pada materi indikator alami di kelas XI IPA SMAN 4 Banda Aceh. In Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan. 1(1): 137-142).

Panjaitan, Y. F. 2022. Pengembangan bahan ajar kimia berbasis project based learning pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(6): 657-664.

Plomp, T. & Nieveen, N. 2007. An Introduction to Educational Design Research. East China Normal University. Shanghai

Sari, D.R. & Yusmita, E. 2022. Validitas Konten dan Validitas Konstruk Panduan Teknis Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Literasi Kimia pada Materi Laju Reaksi. Entalpi Pendidikan Kimia. 3; 61-68

Sugiarsih, W. 2022. upaya peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran kimia menggunakan model pembelajaran project based learning di SMK Negeri 1 Gombong. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4): 320-326.

Yulianti, I. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning pada Materi Ikatan Kimia Kelas X di SMA Negeri 1 Labuhanhaji Timur. Educatif Journal of Education Research, 4(1): 113-120.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v9i1.7901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.