Cover Image

URGENSI RESILIENSI PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI MASA PANDEMI

Anik Pujiati, Fatwa Patimah

Abstract


Resiliensi merupakan faktor internal yang bisa menentukan keberhasilan dalam pembelajaran khususnya selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah resiliensi utamanya resiliensi matematis memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kimia mahasiswa selama pembelajaran daring. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah kimia lanjut di program studi pendidikan matematika universitas Indraprasta PGRI sebanyak 51 mahasiswa dengan teknik sampling purposive. Penelitian ini merupakan penelitian survei korelasional dua variabel, yaitu resiliensi matematis dan hasil belajar kimia. Teknik pengambilan data dengan instrumen angket dan tes yang sebelumnya sudah divalidasi. Analisis data dengan korelasi regresi sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi matematis memberikan kontribusi pengaruh signifikan, walaupun kecil yaitu hanya 10,6% terhadap hasil belajar kimia. Dari hasil ini dapat diketahui hasil belajar kimia 89,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain, baik internal maupun eksternal.

Keywords


CORE learning model, chemistry learning, learning achievement, equilibrium of ion and pH

Full Text:

PDF

References


Abduhan, R., Mulyani, S., & Utami, B. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Student Teams Achievement Divisions (Stad) Berkombinasi Drill and Practice Dengan Memperhatikan Kemampuan Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(4): 71–79.

Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Azizah, R. N., & Abadi, A. P. 2022. Jurnal Didactical Mathematics Kajian Pustaka : Resiliensi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Didactical Mathematics, 4(2):104–110.

Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. 2018. Hubungan Antara Minat Belajar Dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Numeracy, 5(1): 49–56.

Cholifah, E. N. U., Yamtinah, S., & Susanti VH, E. (2019). Hubungan Kemampuan Analisis dan Matematika dengan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI SMA Negeri 4 Surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2): 179.

Tambunan, H. 2021. Dampak P Embelajaran O Nline S Elama P Andemi C Ovid -19 T Erhadap Resiliensi, Literasi Matematis Dan Prestasi Matematika Siswa, JPMI: Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 6(2):70–76.

Fatimah, A. E., & Purba, A. 2021. Hubungan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. Journal of Didactic Mathematics, 1(3): 151–157.

Firmansyah, F., Retno, S., Ariani, D., & Martini, S. 2014. Pengaruh Pembelajaran Kimia Dengan Metode Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Dan Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Matematik Siswa Materi Pokok Termokimia Kelas Xi Semester Gasal SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(3): 49–56.

Harahap, A. C. P., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. S. 2020. Gambaran Resiliensi Akademik Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad:Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(2): 240-246.

Hilda, L. 2020. Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Kesetimbangan Kimia, Logaritma : Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 8(01): 79–92.

Iman, S. A., & Firmansyah, D. 2019. Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika. 2(1b): 356-360

Maharani, S., & Bernard, M. 2018. Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819.

Maysaroh, S., Luliani, E., & Wulandari, A. 2021. Hubungan Pemahaman Konsep Matematika terhadap Hasil Belajar Kimia, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III. Jakarta.

Merdekawati, K. 2013. Pengaruh Kemampuan Matematik Terhadap Prestasi Belajar Kimia, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 2(1):26-31.

Murni, V., Dewi, R., Jehadus, E., & Sugiarti, L. 2021. Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Resiliensi Matematis Pada Masa Pandemi COVID-19, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2): 1147–1158.

Murtiningrum, T., Ashadi, & Mulyani, S. 2013. Pembelajaran Kimia dengan Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Laboratorium Real dan Virtual Ditinjau dari Kemampuan Matematik dan Kemampuan Berpikir Abstrak Siswa. Jurnal Inkuiri, 2(2): 163–172.

Kurniawati, E., Kurniati, T., Kurniawan, R.A., 2017. Deskripsi Kemampuan Matematika Dan Korelasinya Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas X Mipa SMA Negeri 4 Pontianak, Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2):169–180.

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia, Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1): 11–18.

Purwanto, K. K., Faizah, F., & Nurillah, S. 2022. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemik Covid-19, UNESA Journal of Chemical Education, 11(1):14-22.

Rianto, H., Salsabila, E., & Aziz, T. A. 2022. Pengaruh Kemampuan Resiliensi dan Minat Belajar di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading Jakarta, JRPMS: Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6, 89–100.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta: Bandung

Sari, S. purnama, Aryansah, J. E., & Sari, K. 2020. Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 dan Implikasinya Terhadap Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1): 17–22.

Silitonga, P. M., & Sitepu, R. Y. 2022. Hubungan Kemampuan Matematika dan Kemampuan Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Termokimia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 4(1): 10-17

Simanjuntak, Y. M., & Silitonga, P. M., 2020. Kontribusi Kemampuan Matematika Pada Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas Xi Sma Terhadap Pokok Bahasan Hidrolisis Garam, Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2(1): 31–35.

Safitri, W.D., Susanto, H.P., & Mulyadi. 2020. Pengembangan Instrumen Angket Untuk Mengukur Tingkat Resiliensi Matematis Siswa, Doctoral dissertation, STKIP PGRI Pacitan 1–6.

Sudiana, I. K. S., Suja, I. W., & Mulyani, I. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1): 7-16

Surono, & Ifendi, M. 2021. Pengaruh Sikap Resiliensi Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Evaluasi Pedidikan. Thawalib | Jurnal Kependidikan Islam, 2(2): 103–130.

Sutianah, C. 2021. Peningkatan kompetensi kerja berbasis integrasi soft skills, hard skills dan entrepreneur skills program keahlian kuliner melalui penerapan teaching factory smk. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(08): 152-167.

Syafira, S., Ghifari, A., Juandi, D., & Usdiyana, D. 2022. Systematic Literature Review : Pengaruh Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02): 2025–2039.

Tsabita, Q., Nurimani, N., & Warti, E. 2020. Hubungan Pemahaman Konsep Bilangan Eksponen dengan Hasil Belajar Kimia pada Materi Asam Basa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II: 283–289.

Zanthy, L. S. 2018. Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85–94.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v9i1.7897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.