Cover Image

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA BEKERJA DAN TIDAK BEKERJA TERHADAP MATAKULIAH KIMIA DASAR PRODI TEKNIK INDUSTRI

Weni Tri Sasmi, Gugy Guztaman, Fitria Nurapriani, Hilda Tri Yulianti

Abstract


Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara mahasiswa yang bekerja dengan yang tidak bekerja terhadap mata kuliah kimia dasar pada program studi teknik industri. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi Teknik Industri Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer di Universitas Buana Perjuangan Karawang yang telah melewati pembelajaran mata kuliah kimia dasar yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas karyawan dan kelas reguler. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji-T dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa yang bekerja dengan mahasiswa yang tidak bekerja pada mata kuliah kimia dasar pada program studi Teknik Industri di Universitas Buana Perjuangan. Mahasiswa yang bekerja lebih banyak waktunya tersita untuk bekerja daripada mengikuti aktivitas belajar di kampus, sedangkan mahasiswa yang tidak bekerja lebih banyak meluangkan waktunya dalam melakukan aktivitas belajar.


Keywords


Learning outcomes, learning activity, work activity, basic chemistry

Full Text:

PDF

References


Djamaludin, A., Wardana, 2019 Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. CV Kaffah Learning Center. Sulawesi Selatan

Hidayah, K. 2016. Pengaruh Kuliah Sambil Bekerja Dan Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Angkatan 2011 Jurusan Pendidikan IPS UIN Maliki Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Jamaludin, A. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Antara Mahasiswa Yang Bekerja Dengan Yang Tidak Bekerja Pada Matakuliah Ekonomi Mikro di STIE YPBI Jakarta. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1): 198-210.

Juwita, R. 2017. Kimia Dasar: Teori dan Latihan. Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan dan Pendidikan (STKIP) PGRI Padang. Sumatera Barat.

Mardelina, E., A. Muhson. 2017. Mahasiswa Bekerja dan Dampaknya pada Aktivitas Belajar dan Prestasi Akademik. Jurnal Economia, 13(2): 201-209.

Mashadi, I. 2015 Problematika dan solusi mahasiswa yang bekerja bagi keberlangsungan belajarnya (Studi pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang). Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Parma, Saparwadi, L. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Komputer Melalui Program Maple di Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Elemen, 1(1): 37-48.

Pujiyanto. 2005. Bentuk dan Jenis Kewirausahaan Berbasis Seni dan Desain. UM press. Malang.

Purwanto, H., Syah, N., Rani, I. G. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Yang Bekerja Dengan Tidak Bekerja Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil FT-UNP.. CIVED, 1(1): 34-42.

Robert, P. & Saar, E. 2012. Learning and Working: The Impact of the 'Double Status Position' on the Labour Market Entry Process of Graduates in CEE Countries. European Sociological Review, 28(6): 742-754.

Rukmoroto, G. 2012. Motivasi Belajar pada Mahasiswa Ditinjau dari Status Bekerja. Skripsi. Universitas Katolik Soegijapranata. Semarang.

Sa’dijah, C. 2014. Sikap Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Perempuan dengan Menggunakan Pembelajaran Matematika Konstruktivisme. MIPA dan Pembelajarannya. 36(2): 133-146

Saparwadi, L. 2021. Perbedaan Hasil Belajar Mahasiwa Bekerja dengan Tidak Bekerja pada Analisis Data Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik. 2(2): 20-24.

Silfiana. 2021. Dampak Kuliah Sambil Bekerja Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Mahasiswa Ppkn Angkatan 2017 Universitas Tadulako). Skripsi. Universitas Tadulako, Palu.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i2.7894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.