Cover Image

ANALISIS KESULITAN SISWA BELAJAR KIMIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID-19

Usep Suherman, Salwa Afifatuzzahro, Siti Sofiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu data kesulitan yang dihadapi oleh siswa dalam suatu pembelajaran Ilmu Kimia pada saat covid-19 melanda. Sejak adanya Covid-19, proses pembelajaran yang pada awalnya dilakukan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran secara daring. Oleh karena itu, peneliti memiliki keinginan menganalisis kesulitan siswa belajar kimia dalam proses pembelajaran selama Covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif yang disebarkan kepada siswa dari berbagai SMA/SMK yang ada di wilayah Bandung. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa selama Covid-19, 66% siswa menyatakan bahwa mereka tidak dapat memahami pembelajaran kimia.  


Keywords


Learning difficulties, chemistry learning, online learning, Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Annur, M. F., & Hermansyah, H. 2020. Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2): 195-201.

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. 2018. Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi siswa SMA se-kota Stabat. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(2): 109-116.

Christianto, H., Lawa, Y., Parera, L. A., Lestarani, D., Lalang, A.C., Lalus, F. N., Sunarko, G.F.M, & Liu, M. M. 2021. Efektivitas Pembelajaran Kimia Melalui Pemanfaatan Teknologi Daring Selama Pandemi Covid-19¬ di Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Nusa Cendana. Jurnal Beta Kimia, 1(2): 42-48.

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. 2021. Kesulitan pembelajaran daring matematika pada masa pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1): 551-561.

Harefa, A. R. 2022. Analisis kesulitan belajar biologi masa pandemi covid-19. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1); 181-189.

Laras, S. A., & Rifai, A. 2019. Pengaruh minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2):121-130

Lutfi, A., Aini, N. Q., Amalia, N., Umah, P. A., & Rukmana, M. D. 2021. Gamifikasi Untuk Pendidikan: Pembelajaran Kimia Yang Menyenangkan Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(2): 94-101

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1); 194–202.

Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. 2020. Pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1): 42-46.

Utomo, K. D., Soegeng, A. Y., Purnamasari, I., & Amaruddin, H. 2021. Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1): 1-9.

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., & Maryam, S. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1): 11-18

Purwanto, K. K., Faizah, F., & Nurillah, H. S. 2022. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemik Covid-19. UNESA Journal of Chemical Education, 11(1): 14–22.

Rahayu, A. P., Ashadi, & Saputro, S. 2014. Pembelajaran kimia menggunakan metode eksperimen dan guided inquiry ditinjau dari kemampuan matematis dan kreativitas siswa. Jurnal Inkuiri, 3(1): 96–107.

Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. 2016. sebuah proses dalam Salirawati , yang Dalam mendorong siswa untuk pembelajaran , pengajar memberikan materi pembelajaran kepada belajar antara lain : memenuhi rasa ingin tahu , maju , mendapatkan simpati orang tua / guru / teman , bila muridnya agar bisa. JPPI : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1):18–29.

Rohimat, S. 2021. Analisis Keefektifan Pembelajaran Kimia Secara Daring Di Sma Negeri 6 Kota Serang Pada Masa Pandemi Covid-19. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(2): 90–97.

Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2): 214–224.

Yanti, S., Juleha, S., & Nurdeni, N. 2024. Analisis efektivitas pembelajaran dalam jaringan (daring) di masa pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(1): 101-106




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v9i1.7892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.