Cover Image

ANALISIS LITERASI KIMIA PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID DENGAN MODEL RASCH

Jekrin Hernandes, Eka Yusmaita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat literasi kimia siswa SMAN 1 Kapur IX pada materi koloid dengan menggunakan model Rasch dengan aplikasi Ministep.  Perancangan instrumen sesuai level literasi sains yang dikembangkan oleh Bybee dan aspek literasi kimia yang dikembangkan oleh shwartz. Penelitian ini merupakan penelitian desktiptif dengan pendekatan kuantitatif dengan sampel 50 siswa. Dari tes literasi kimia pada materi koloid yang dijawab oleh peserta didik dan dianalisis dengan model Rasch. Instrumen penelitian berjumlah 12 butir soal berbasis literasi kimia. Analisis scalogram berdasarkan kemampuan subjek yang memiliki abilitas yang paling tinggi yaitu subjek 15P dan subjek yang memiliki abilitas yang paling rendah yaitu subjek 12. Berdasarkan  tingkat kesulitan Item butir soal, soal yang paling sulit dijawab peserta didik adalah soal no. 11 sebanyak 58% . Item butir soal yang paling mudah dijawab oleh peserta didik yaitu soal no. 12 sebanyak 68%.Sebagian besar deskripsi analisis literasi kimia peserta didik di SMAN 1 kapur IX berada pada level Nominal Scientific Literacy sebanyak 40%.

Keywords


Literasy of chemistry, colloid, Rasch model, scalogram analysis

Full Text:

PDF

References


Arabbani, F. K., Mulyani, S., Mahardiani, L., Ariani, S. R. D. 2019. Analysis the quality of instrument for measuring chemical literacy abilities of high school student using Rasch model Analysis the Quality of Instrument for Measuring Chemical Literacy Abilities of High School Student using Rasch Model. AIP Conference Proceeding. 2094(1);1-7

Ardiyanti, D. 2017. Aplikasi Model Rasch pada Pengembangan Skala Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal Psikologi, 43(3); 248-263.

Boone, W. J., Yale, M. S., & Staver, J. R. 2014. Rasch analysis in the human sciences. Springer Science and Business Media.

Bybee, R. W. 1997. Achieving scientific literacy: From purposes to practices. Heinemann, 88 Post Road West, PO Box 5007, Westport, CT 06881.

Desna, D. 2019. Analisis Literasi Sains Siswa Kelas XI pada Materi Koloid di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(1): 1-14.

Eliza, W., Yusmaita, E. 2021. Pengembangan Butir Soal Literasi Kimia pada Materi Sistem Koloid Kelas XI IPA SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(2): 197–204.

Fajri, K. N. M. A., Yusmaita, E. 2021. Analisis Literasi Kimia Peserta Didik di SMAN 1 Batam pada Topik Hukum-Hukum Dasar Kimia dengan Model Rasch. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 5(1): 102–109.

Fausan, M., & Oujiastuti, I.P. 2017. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Mahasiswa Berdasarkan Instrumen Scientific Literacy Assessment. Seminar Nasional LP2M UNM; 292-295.

Ibnu, M., Indriyani, B., Inayatullah, H., & Guntara, Y. 2019. Aplikasi Rasch Model: Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Miskonsepsi Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1): 205–210.

Permanasari, A. 2017. Menyiapkan Anak Indonesia “ 21st Century Skills ” Melalui Penelitian Berbasis Literasi Kimia. Semnas KPK: Seminar Nasional Kimia Dan Pendidikan Kimia, 1–5.

Planinic, M., Boone, W.J., Susac, A., Ivanjek, L. 2019. Rasch analysis in physics education research: Why measurement matters. Physical Review Physics Education Research, 15(2): 20111.

Shwartz, Y., Ben-Zvi, R., Hofstein, A. 2006. The use of scientific literacy taxonomy for assessing the development of chemical literacy among high-school students. Chemistry Education Research and Practice, 7(4): 203–225.

Sumintono, B., Widhiarso, W. 2014. Aplikasi model Rasch untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial. Trim Kuminakata Publishing House. Chimahi

Sumintono, B., Widhiarso, W. 2015. Aplikasi Pemodelan RASCH Pada Assessment Pendidikan. AplikAsi RascH PemodelAn Pada Assessment Pendidikan, 1–142.

Thummathong, R., Thathong, K. 2018. Chemical literacy levels of engineering students in Northeastern Thailand. Kasetsart Journal of Social Sciences, 39(3): 478-487

Wiyarsi, A., Pratomo, H., Priyambodo, E. 2020. Vocational high school students’ chemical literacy on context-based learning: a case of petroleum topic. Journal of Turkish Science Education, 17(1): 147-161.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i2.7889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.