Cover Image

ANALISIS IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING PADA MATERI KIMIA KELAS X DALAM KURIKULUM 2013

Endah Nastiti, Reni Sulistiawati, Nugi Apriani Muidah, Indah Destiana, Amelianada Evelyn, Atep Iman

Abstract


Rendahnya capaian belajar dapat terjadi oleh sejumlah faktor seperti lemahnya proses pembelajaran dan kurang diasahnya kemampuan siswa dalam berpikir. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis implementasi dari metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam materi kimia dalam kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu literature review. Berdasarkan data yang diperoleh, beberapa materi kimia menunjukkan pengaruh yang cukup signifikan terutama dalam segi keaktifan dan keikutsertaan siswa di dalam kelas. Hal tersebut dapat diamati melalui data peningkatan pencapaian belajar siswa dalam siklus I dan siklus II. Pada materi sistem periodik unsur aspek aktivitas belajar persentase ketercapaian sebesar 69,22% pada siklus I dan bertambah menjadi 75,76% pada siklus II. Persentase ketercapaian aspek pengetahuan sebesar 52,94% pada siklus I, kemudian bertambah menjadi 73,53% pada siklus II. Sedangkan Persentase ketercapaian aspek keterampilan sebesar 82,35% pada siklus I dan bertambah menjadi 97,06% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian bisa ditarik kesimpulkan bahwa pengaplikasian metode Project Based Learning dapat mengoptimalkan capaian belajar kimia siswa.

Keywords


Project based learning, Chemical material, 2013 curriculum, Chemistry learning outcomes

Full Text:

PDF

References


Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1): 49-60.

Bas, G. 2011. Investigating the effects of project-based learning on students’ academic achievement and attitudes towards english lesson, The Online Journal of New Horizon in Education, 1 (4): 1-15.

Chang, R. 2005. Kimia Dasar Konsep- konsep Inti Edisi Ketiga (Jilid 2). Erlangga. Jakarta

Desnylasari, E., Mulyani, S., & Mulyani, B. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Tahun Pelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1):134–142.

Fitriani, N. A., Khaerunisa, S. J. M., & Rustini, T. 2023. Analisis Literatur Review Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3): 30820-30827.

Herminarto, S. 2016. Implementasi pembelajaran Berbasis Proyek Pada Bidang Kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 1(2): 291-308.

Kurniadi, D., & Imam, K. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Dengan Pendekatan Project-Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(1):1241-1249

Lestari, I., & Ilhami, A. 2022. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2): 135-144.

Miswanto. 2011. Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi program linier siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari, Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan, 1 (1): 60-68.

Muliaman, A., & Hutagaol, L. M. 2017. Improvement of Student Learning Outcome Using Model of Collaborative Based Lesson Study With Student ’S Worksheet on Materials hydrolys: 141-145.

Okoli, C. and Schabram, K. 2011. A Guide to Conducting Literature Review of Information System Research, Communications of the Association for Information System, 37 (43): 879-910.

Ozdemir, E. 2006. An investigation on the effects of project-based learning on students’ achievement in and attitude towards geometry, Thesis, Ankara: Middle East Technical University Turkey.

Purwanto, A., Putri,D.H., & Hamdani, D. 2021. Penerapan Project-Based Learning Model Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa Dalam Rangka Menghadapi Era Merdeka Belajar. Jurnal Kumparan Fisika 4(1): 25-27.

Rose, R. A., & Prasetya, A. T. 2014. Keefektifan Strategi Project Based Learning Berbantuan Modul Pada Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2): 1360–1369.

Sugiharti, G., & Muliaman, A. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Dengan Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning dan Guided Inquiry pada Pokok Bahasan Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1), 5–11.

Suryono, S. 2012. Hakikat Pembelajaran Fisika. Erlangga. Jakarta.

Suyanti, R. D. 2010. Srategi Pembelajaran Kimia. Graha Ilmu. Yogyakarta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. kencana. Jakarta

Wahyuni, E., & Fitriana, F. 2021. Implementasi model pembelajaran project based learning (pjbl) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 3(1): 320-327

Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3): 2191-2207.

Zemansky, M. W., Dittman, R. H. 1986. Kalor dan Termodinamika. ITB. Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v9i1.7878

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.