ANALISIS IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING PADA MATERI KIMIA KELAS X DALAM KURIKULUM 2013
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1): 49-60.
Bas, G. 2011. Investigating the effects of project-based learning on students’ academic achievement and attitudes towards english lesson, The Online Journal of New Horizon in Education, 1 (4): 1-15.
Chang, R. 2005. Kimia Dasar Konsep- konsep Inti Edisi Ketiga (Jilid 2). Erlangga. Jakarta
Desnylasari, E., Mulyani, S., & Mulyani, B. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Tahun Pelajaran. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1):134–142.
Fitriani, N. A., Khaerunisa, S. J. M., & Rustini, T. 2023. Analisis Literatur Review Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3): 30820-30827.
Herminarto, S. 2016. Implementasi pembelajaran Berbasis Proyek Pada Bidang Kejuruan. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 1(2): 291-308.
Kurniadi, D., & Imam, K. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Dengan Pendekatan Project-Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(1):1241-1249
Lestari, I., & Ilhami, A. 2022. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2): 135-144.
Miswanto. 2011. Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi program linier siswa kelas X SMK Negeri 1 Singosari, Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan, 1 (1): 60-68.
Muliaman, A., & Hutagaol, L. M. 2017. Improvement of Student Learning Outcome Using Model of Collaborative Based Lesson Study With Student ’S Worksheet on Materials hydrolys: 141-145.
Okoli, C. and Schabram, K. 2011. A Guide to Conducting Literature Review of Information System Research, Communications of the Association for Information System, 37 (43): 879-910.
Ozdemir, E. 2006. An investigation on the effects of project-based learning on students’ achievement in and attitude towards geometry, Thesis, Ankara: Middle East Technical University Turkey.
Purwanto, A., Putri,D.H., & Hamdani, D. 2021. Penerapan Project-Based Learning Model Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Mahasiswa Dalam Rangka Menghadapi Era Merdeka Belajar. Jurnal Kumparan Fisika 4(1): 25-27.
Rose, R. A., & Prasetya, A. T. 2014. Keefektifan Strategi Project Based Learning Berbantuan Modul Pada Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2): 1360–1369.
Sugiharti, G., & Muliaman, A. 2016. Perbandingan Hasil Belajar Siswa yang Diajar Dengan Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning dan Guided Inquiry pada Pokok Bahasan Struktur Atom. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(1), 5–11.
Suryono, S. 2012. Hakikat Pembelajaran Fisika. Erlangga. Jakarta.
Suyanti, R. D. 2010. Srategi Pembelajaran Kimia. Graha Ilmu. Yogyakarta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. kencana. Jakarta
Wahyuni, E., & Fitriana, F. 2021. Implementasi model pembelajaran project based learning (pjbl) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam SMP Negeri 7 Kota Tangerang. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 3(1): 320-327
Yanti, R. A., & Novaliyosi, N. (2023). Systematic Literature Review: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Skill yang dikembangkan dalam Tingkatan Satuan Pendidikan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3): 2191-2207.
Zemansky, M. W., Dittman, R. H. 1986. Kalor dan Termodinamika. ITB. Bandung
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v9i1.7878
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.