Cover Image

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Zebedius Obet, Sumiyati Sumiyati, St Fatimah Azzahra, Nelius Harefa

Abstract


Penelitian ini bertujusn untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperimental. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA 71 jakarta T.A 2022/2023 dan Sampel yang diambil dari kelas X C dan D dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dari 288 siswa. Metode pembelajaran yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu Metode tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan Instrumen test yaitu soal essay. Uji prasyarat yang dilakukan berupa uji parametrik karena data terdistribusi secara normal dan homogen. Selanjutnya, Hipotesis dianalisis dengan uji paired sampel t-test pada taraf signifikan < 0.05 dengan SPSS 25.00 for windows. Hasil dari analisis data dan hipotesis yang didapatkan menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia menggunakan metode tutor sebaya dengan nilai rata gain sebesar 0,475 pada kelas eksperimen dan 0,262 pada kelas kontrol yang menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa

 


Keywords


Learning outcomes, System of periodic element, learning chemistry, Peer Tutor

Full Text:

PDF

References


Ahmad Z., Diyan Y.. 2020. Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 7(2):809–20.

Ahdiyat, M. 2015. Metode tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pengolahan data. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2):71-86

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., Fitriani, E. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3): 609-616.

Hutabarat, W. 2014. Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada pokok bahasan larutan asam-basa di SMA N 1 Percut Sei Tuan, TP 2009/2010. Jurnal Penelitian Saintika, 15(02): 119-123.

Ristiyani, E., Bahriah, E.S. 2016. “Sebuah Proses Dalam Salirawati , Yang Dalam Mendorong Siswa Untuk Pembelajaran , Pengajar Memberikan Materi Pembelajaran Kepada Belajar Antara Lain : Memenuhi Rasa Ingin Tahu , Maju , Mendapatkan Simpati Orang Tua / Guru / Teman , Bila Muridnya Agar Bisa.” JPPI : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA 2(1):18–29.

Rumansyah. 2002. Penerapan Metode Latihan Berstruktur dalam Menungkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Konsep Persamaan Reaksi Kimia. Jurnal Pendidikan Nasional dan Kebudayaan. 35(1):172-175.

Saumi, M., Sanjaya, S., Wancik, K. A. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Kimia Melalui Peran Tutor Sebaya Siswa Kelas XA SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 1(1): 43-50.

Siregar, N. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Akademik.Uhn. Ac.Id ;1–212.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta. Sukabumi

Wali, G. N. K., Winarko, W., Murniasih, T. R. 2020. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode tutor sebaya. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2): 164-173.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i2.7863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.