Cover Image

PRAKTIKALITAS DAN EFEKTIVITAS LKPD TERINTEGRASI STEM PjBL PADA MATERI MINYAK BUMI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Hervania Dinda Putri, Effendi Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat praktikalitas dan efektivitas dari penggunaan media pembelajaran LKPD terintegrasi STEM PjBL pada materi Minyak Bumi terhadap hasil belajar dari peserta didik kelas XI SMAN 5 Solok Selatan melalui penelitian pre eksperimental. Subjek praktikalitas pada penelitian ini yakni 3 orang dari guru kimia dan 20 orang dari peserta didik yang sudah menempuh proses belajar materi Minyak Bumi sedangkan uji efektivitas yaitu 20 orang peserta didik yang akan diberikan perlakuan pre-test dan post-test. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket praktikalitas dan  soal uji coba yang sudah dilakukan validasi oleh validator. Pengolahan data dilakukan  melalui penggunaan teknik analisis yakni deskriptif memakai persamaan persentase praktikalitas dan uji N-Gain untuk efektivitas media yang didapat dari perbandingan pre-test dan post-test. Hasil dari penelitian berdasarkan analisis respons guru, tingkat praktikalitas media belajar berada pada golongan yang praktis dengan nilai 82% , dan berdasarkan analisis respons peserta didik tingkat praktikalitas media belajar ini berada pada golongan sangat praktis dengan persentase 94%. Hasil dari skors N-Gain yakni  0,83 dengan tingkat efektif dalam golongan yang tinggi. Maka bisa diambil kesimpulan LKPD terintegrasi STEM PjBL pada materi minyak bumi sangat praktis dan sudah efektif yang mana layak untuk diterapkan

Keywords


Student worksheet, petroleum, STEM - PjBL, practicality, effectiveness

Full Text:

PDF

References


Afridhonal, A., Effendi, E. 2021. Pengembangkan Bahan Ajar Elektronik LKPD yang Terintegrasi STEM-PjBL pada Materi Termokimia di SMAN 1 Gunung Talang. EntalpiPendidikan Kimia, 2(2): 17-25.

Amri, S. 2013. Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum. PT. Prestasi Pustakaraya. Jakarta

Arikunto, S., Jabar. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Bumi. Aksara. Jakarta

Brady, E. J. 1999. Kimia Universitas, Asas dan Struktur. Edisi kelima Jilid Satu. Binarupa Aksara. Jakarta

Bransford, J. D., Stein, B. S. 1984. The IDEAL Problem Solver: A Guide for Improving Thinking, Learning, and Creativity. W. H. Freeman. New York, NY

Dwynda, I., Effendi, E. 2020. Development of Integrated LKPD STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics-Project Based Learning) in Petroleum Material. Edukimia, 2(3): 100-105.

Hake. 1999. Analyzing Change/ Gain Score. Indiana University. USA

Sani, R. A.. 2018. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi

Kurikulum 2013. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Syafe’I, S.S., Effendi. 2020. Pengembangan LKPD Terintegrasi STEM-PjBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics Project Based Learning) pada Materi Termokimia. Edukimia. 2(2): 85-90

Yuliawati Y. M. S. 2019. Perancangan Dan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android

Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer (Studi Kasus Kelas X Rpl SMK Negeri 2 Padang).

Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 6(1): 80-86.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i2.7857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.