Cover Image

DESKRIPSI HASIL BELAJAR SISWA, MISKONSEPSI, DAN MATERI PENGHAMBAT SERTA KAITANNYA DENGAN KETERLAKSANAAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Gesmawati Gesmawati, Zonalia Fitriza

Abstract


Pendekatan saintifik perlu diterapkan dalam pembelajaran di kurikulum 2013. Berdasarkan angket yang disebarkan kepada 10 guru di Kota Padang sebanyak 80% guru mengalami kesulitan melaksanakan pendekatan saintifik, disebabkan karena alokasi waktu terbatas, sehingga pendekatan saintifik tidak terlaksana secara maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar, miskonsepsi, dan materi penghambat serta kaitan keterlaksanaan pendekatan saintifik dengan hasil belajar pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini menggunakan Mixed Method dengan desain Convergent Mixed Parallel design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI di salah satu MAN di Kota Padang dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan ada tiga yaitu instrumen analisis dokumen, lembar observasi, dan Structure Essay Diagnostic Test of Chemistry (SEDToC) hidrolisis garam. Data diperoleh dianalisis menggunkan analisis Miles dan Huberman, uji normalitas, dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen RPP guru belum lengkap dengan kategori kurang. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan juga bahwa tidak ada satupun siswa yang mencapai KKM. Miskonsepsi disebabkan karena adanya materi penghambat, materi penghambat yang banyak dialami siswa adalah pada materi asam basa dengan persentase 70%. Uji korelasi menunjukkan


Keywords


Scientific approach, Learning outcomes, Misconceptions, Inhibiting material, Salt hydrolysis

Full Text:

PDF

References


Amelia, D., & Nurbaity, M. 2014. Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Menggunakan Teknik Cri (Certainty Of Response Index) Termodifikasi. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 4(1): 260–266

Aprilanti, H., Qurbaniah, M., & Muldayanti, N. D. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas Xi Mia Sma Negeri 4 Pontianak. Jurnal Bioeducation. 3(2): 63–77.

Banawi, A. 2019. Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning. Biosel: Biology Science and Education. 8(1): 90-100.

Barke, H. D., Hazar, A., & Yitbarek, S. 2008. Miscoonception in Chemistry. BerlinP: Springer. Jepang

Boncel, W., Enawaty, E., & Sartika, R.P. 2017. Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Hidrolisis Garam di Kelas XI IPA SMA Katolik Talino. Jurnal Pendidikan Dan Prmbrlajaran Khatulistiwa, 6(12):1–7.

Febly, F. 2021. Tes Diagnostik Esai Terstruktur Kimia (Structured Essay Diagnostic Test of Chemistry-SEDToC) Materi Hidrolisis Pengembangan Instrumen Evaluasi komprehensif. Skripsi. Universitas Negeri Padang. Padang.

Fidya, F., Sihaloho, M., & Botutihe, D.N. (2018). Pengaruh Penggunaan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Entopi. 13: 143–149.

Fitriza, Z., Aini, F. Q., Hndayai, P., & Munira, I. 2020. Development of structured essay diagnostic test of chemistry (SEDToC) to investigate senior high school student’s conception of buffer solution Student’s Conception of Buffer Solution. AIP Conference Procendings, 2229.

Ghozali, I. 2017. Pendekatan Scientific Learning dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(01): 1–13.

Harefa, N., Simanjuntak, F. N., Simatupang, N. I., Sumiyati, S., Sormin, E., Purba, L.S.L., & Azzahra, S. F. (2021). Analisis RPP Guru Kimia pada Kegiatan Sosialisasi Pengembangan Kompetensi melalui Pengembangan Ranah Afektif. Abdimas Singkerru. 1(1): 66-78.

Irsyad, M., Linuwih, S., & Wiyanto. (2018). Learning Cycle 7e Model-Based Multiple Representation to Reduce Misconseption of The Student on Heat Theme. Jurnal of Innovative Science Education. 7(1): 45–52.

Izzal, R. I., Nurhamida, & Elvinawati. (2021). Analisis miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostik esai berbantuan cri ( certainty of response index ) pada pokok bahasan asam basa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 5(1), 55– 63.

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 81 A 2013. Implementasi Kurikulum Kurikulum, 1, 1–97

Lisa, I., Irianti, M., & Rahmad, M. 2016. Analisis Keterlaksanaan Pendekatan Saintifik Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Fisika Menurut Presepsi Siswa SMA Negeri Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa: 1-12

Lufri. 2007. Kiat Memahami Metodologi dan Melakukan Penelitian. UNP Press. Padang

Machin, A. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3(1): 28–35.

Maratusholihah, N. F., Rahayu, S., & Fajaroh, F. 2017. Analisis Miskonsepsi Siswa SMA pada Materi Hidrolisis Garam dan Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan. 2(7): 919–926.

Marek, E. (1986). Understandings and Misunderstandings of Biology Concepts. American Biology Teacher. 48(1): 37–40.

Musfiqon, & Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Nizamia Learning Center. Sudiarjo

Nuryanto. 2016. Penerapan pendekatan saintifik untuk mereduksi miskonsepsi pada materi hidrolisis garam. Tesis. Univeritas Negeri Semarang. Semarang.

Prabandati, E. 2017. Modul Diklat Keahlian Ganda Pemanfaatan Hail Penilaian . Tekpang. PPPPTK Pertanian. Cianjur

Putro, T. I., Ariani, S. R. D., & Sri Yamtinah. 2019. Identifikasi Miskonsepsi Siswa dengan TWO-TIER Diagnostic Test di Lengkapi Certainty Of Response Index (CRI) pada Topik Materi Hidrolisis Garam sebagian. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia. 4(2): 123–133.

Setiaman, S. (2019). Analisis Korelasi dan Regresi Linier Sederhana Dengan SPSS Versi 24. PPNI Qatar.

Sidauruk, S. 2005. Miskonsepsi Stoikiometri Pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 2:253–272.

Sidauruk, S. 2017. Miskonsepsi Kimia Pada Siswa Sma. Deklarasi AGKI, 1998: 1–9.

Umami, M. Z., Rubi’ah, R., Wardani, S., & Kurniawan, C. 2020. Analysis of Salt Hydrolysis Misconception with False Statements After Application of Guided Inquiry Assisted by E-Laboratory Instruction. Journal of Innovative Science Education, 9(3): 267–274

Wulandari, H., Wulandari, Azhar, A., & Sahal, M. 2013.Tingkat Keterlaksanaan Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran IPA Berbasis Kurikulum 2013 Menurut Persepsi Siswa Kelas IX SMP Negeri Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i1.7848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.