Cover Image

ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MEMPELAJARI MATERI ASAM BASA

Riza Noviyanti, Sri Haryati, Jimmi Copriady

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) faktor-faktor kesulitan belajar  peserta didik, dan (2) gambaran secara umum kesulitan belajar peserta didik dalam mempelajari materi asam basa pada tahun ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 10 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA yang berjumlah 213 orang dan diambil 139 orang sebagai sampel. Sampel diambil secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor penyebab kesulitan belajar peserta didik ditinjau dari faktor internal yaitu faktor minat sebesar 66,88% (kategori tinggi) dan motivasi mempunyai skor sebesar 60,165% (kategori sedang). Sedangkan pada faktor eksternal, yaitu cara/metode mengajar mempunyai skor sebesar 68,64% (kategori tinggi) serta sarana dan prasarana mempunyai skor sebesar 67,99% (kategori tinggi) (2) Secara umum kesulitan belajar peserta didik dalam mempelajari asam basa pada tahun ajaran 2021/2022 di SMA Negeri 10 Pekanbaru pada motivasi sebesar 60,165% dengan kategori skor angket sedang, menandakan motivasi cukup mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik, dikarenakan usaha peserta didik untuk belajar materi asam basa masih rendah.

Keywords


Learning Difficulties; Acid Base; Descriptive Quantitative; Simple Random Sampling.

Full Text:

PDF

References


Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., Nurhikmah. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Cahaya Bintang Cemerlang. Gowa.

Ekawisudawati, E., Wijaya, M., dan Danial, M. 2021. Analisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Asam Basa Menggunakan Instrumen Three-Tier Diagnostic Test. Chemistry Education Review, 5 (1): 62-72.

Hidayanti, E., Savalas, L. R. T., Ardhuha, J. 2020. Keterampilan Kolaborasi: Solusi Kesulitan Belajar Siswa SMA dalam Mempelajari Kimia. Seminar Nasional Pendidikan Inklusif. 1(1): 1-7

Khasanah, U. F., Parubak, A. S., dan Larasati, C. N. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA di SMA Yapis Manokwari. Arfak Chem: Chemistry Education Jurnal, 2(1): 77-84.

Mezia, A. 2016. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Ikatan Kimia Siswa Kelas XB SMA Negeri 1 Siantan Kabupaten Mempawah. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Muhammedi, Elfidayati, Kamaliah, Dahlan, Z., Lubis, S. A., Albina, M., Harahap, F. A., Hanum, L. 2017. Psikologi Belajar. Larispa Indonesia. Medan.

Narma, Rahmanpiu, Dahlan. 2020. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Kimia Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas Halu Oleo, 5, (1): 35-40.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung.

XI pada materi larutan penyangga. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1): 86- 97.

Djangi, M. J., Sugiarti, R., Ramdani, R. 2021. Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas XI MIPA 3

SMAN 3 Maros pada Materi Larutan Penyangga. Seminar Nasional Hasil

Penelitian. 1977-1987

Priliyanti, A., Muderawan, I. W., Maryam, S. 2021. Analisis kesulitan belajar siswa dalam

mempelajari kimia kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1): 11-18.

Sanjiwani, N. L. I., Muderawan, I. W., Sudiana, I. K. 2018. Analisis kesulitan belajar kimia pada

materi larutan penyangga di sma negeri 2 Banjar. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2):

-84.

Sariati, N. K., Suardana, I. N., Wiratini, N. M. 2020. Analisis kesulitan belajar kimia siswa kelas

Noviyanti, et al., 2023, JPK UNRI 8(2): 138–146

Setiawan, M. A. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia. Ponorogo.

Sudiana, I. K., Suja, I. W., Mulyani, I. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa pada Materi

Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(1): 7-16. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Alfabeta. Bandung.

Utami, S. N. N., Melati, H. A., Somantri, E. B. 2021. Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI

IPA dalam Menyelesaikan Soal-Soal Larutan Asam dan Basa di Sekolah Menegah Atas Negeri 2 Sungai Raya. Jurnal Eksistensi, 3,(1): 44-58.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i2.7845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.