Cover Image

PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI LAJU REAKSI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS XI SMA/MA SEDERAJAT

Femty Nanda Putri, Asmadi M. Noer, Erviyenni Erviyenni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD (Elektronik- Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Problem Based Learning pada materi laju reaksi kelas XI SMA/MA, yang valid menurut ahli materi dan  ahli materi dan ahli media. Subjek penelitian ini validator ahli materi dan ahli media. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan persentase skor rata-rata kelayakan E-LKPD dari ahli materi meliputi aspek kelayakan isi, karakteristik model Problem Based Learning, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan secara berturut-turut yakni 97,92, 95,83, 95,83, 96,88, dan 95,83% dengan semua aspek berada pada kategori sangat valid. Persentase skor rata-rata kelayakan E-LKPD dari ahli materi meliputi aspek kelayakan isi, karakteristik model Problem Based Learning, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan secara berturut-turut yakni 97,92, 95,83, 95,83, 96,88, dan 95,83% dengan semua aspek berada pada kategori valid. Persentase skor rata-rata kelayakan E-LKPD dari ahli media meliputi aspek tampilan (komunikasi visual) dan aspek pemanfaatan software secara berturut-turut yakni 97,22% dan 100% dengan kedua aspek berada pada kategori valid.


Keywords


E-LKPD; Problem Based Learning; Laju Reaksi

Full Text:

PDF

References


Birgili, B. 2015. Creative and Critical Thinking Skills in Problem-based Learning Environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2): 71–80.

BNSP. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BNSP. Jakarta

Dermawati, N., Suprata, S., Muzakkir, M. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1): 74-78.

Fitriyah, I.M.N., Ghofur, M.A. 2021. Pengembangan E-LKPD berbasis android dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5): 1957-1970.

Hardiyanti, P.C. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Materi Hidrolisis dan Penyangga untuk Meningkatkan Kecerdasan Logis Matematis dan Interpersonal Peserta Didik. Thesis. Pascasarjana UNNES. Semarang.

Herdiansyah, K. 2018. Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Eksponen, 8(1): 25– 33.

Hidayah, A.N. 2020. Pengembangan E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) Fisika Dengan 3d Pageflip Berbasis Problem Based Learning pada Pokok Bahasan Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 7(2): 36-43.

Istikharah, R., Simatupang, Z. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Kelas X SMA/MA pada Materi Pokok Protista Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 12(1): 1-6.

Khikmiyah, F. 2020. Implementasi Web Liveworksheet Berbasis Problem Based Learning dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy, 6(1): 1-12.

Pribadi, Y.T., Sholeh, D.A., Auliaty, Y. 2021. Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2): 264-279.

Rahayu, D. 2018. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pemecahan Masalah Materi Bangun Datar”. Jurnal PGSD, 6(3): 249-259.

Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung

Saleh, M. 2013. Strategi Pembelajaran Fiqh dengan Problem Based Learning. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 14(1): 190-220.

Sari, D. N. I., Budiarso, A. S., Wahyuni, S. 2022. Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Tingking Skill (HOTS) pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(3): 3699-3712.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i2.7843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.