Cover Image

PENGEMBANGAN E-LKM BIOKIMIA BERBASIS STEM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA

Mawaddah Ayusni, Maria Erna, Lenny Anwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKM (Elektronik-Lembar Kerja Mahasiswa) biokimia berbasis Science, Technology, Engeneering, and Mathematics (STEM) yang berguna untuk melatih keterampilan proses sains mahasiswa (KPS). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (anlysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini diuji cobakan pada mahasiswa semester 2 Jurasan Agroteknologi, UIN Suska Riau sebanyak 30 orang. Instrumen yang digunakan meliputi validasi dengan skala likert dan lembar observasi KPS yang diamati pada saat praktikum berlangsung. Produk penelitian divalidasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media, aspek penilaian ahli materi terdiri dari aspek kelayakan isi dengan nilai sebesar 87,33%, kelayakan bahasa dengan nilai sebesar 89,86%, kelayakan penyajian dengan nilai sebesar 92,38%, penilaian STEM dengan nilai sebesar 91,11%, dan indikator KPS dengan nilai sebesar 92,55%. Rata-rata hasil validasi ahli materi untuk E-LKM sebesar 90,64 %. Aspek penilaian ahli media terdiri dari Aspek kegrafisan dengan nilai sebesar 93% dan kepraktisan dengan nilai sebesar 100%. Rata-rata hasil validasi ahli media sebesar 96,65%. Adapun keterlatihan proses sains dilihat dari 3 kali peraktikum. Praktikum pertama pembuatan es krim probiotik kombinasi ubi jalar ungu hasil KPS yang diperoleh sebesar 88,45%. Praktikum kedua pembuatan EE (Eco-Enzym) hasil KPS yang diperoleh sebesar 98,28%. Praktikum ketiga pembuatan tempe biji durian hasil KPS yang diperoleh sebesar 96,76%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan E-LKM biokimia berbasis STEM ini mampu melatih keterampilan proses sains pada mahasiswa.


Keywords


STEM, e-worksheets, Science process skills, Research and development

Full Text:

PDF

References


Amahoroe, R. A., Arifin, M., Solihin, H. 2020. Penerapan desain praktikum berbasis Stem pada

pembuatan tempe dari fermentasi biji nangka (artocarpus heterophyllus) untuk meningkatkan literasi sains siswa smk. Molluca Journal of Chemistry Education. 10(2):

-100.

Aprianty, H., Gani, A., Pada, A.U.T. 2020. Implementation of project-based learning through

STEM approach to improve students’ science process skills and learning outcomes. Jurnal

Tadris Kimiya (JTK). 5(2): 144-152.

Asri, A. S. T., Dwiningsih, K. 2022. Validitas E-Modul Interaktif sebagai Media Pembelajaran

untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial pada Materi Ikatan Kovalen. PENDIPA Journal

of Science Education. 6(2): 465-473.

Bybee, R. W. 2013. The case for STEM education: Challenges and opportunity. National Science Teachers Association (NSTA) Press. Arlington

Dari, R.W., Nasih, N.R. 2020. Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pada Praktikum

Menggunakan E-Modul. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika. 8(2): 12-21.

Elvanisi, A., Hidayat, S., Fadillah, E. N. 2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah

menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 4(2): 245-252.

Hakim, L., Yennita, Y., Zulirfan, Z., Hermita, N. (2020, October). The Need Analysis in the

Development of Students’ Virtual STEM Project for Science Education. In Journal of

Physics: Conference Series.1655(1): 012061

Mahjatia, N., Susilowati, E., Miriam, S. 2021. Pengembangan LKPD berbasis STEM untuk

melatihkan keterampilan proses sains siswa melalui inkuiri terbimbing. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Fisika. 4(3): 139-150.

Mulyani, T. (2019). Pendekatan pembelajaran STEM untuk menghadapi revolusi industry 4.0.

In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS). 2(1): 453-460.

Ningsi, A. P., Nasih, N. R. 2020. Mendeskripsikan keterampilan proses sains mahasiswa

pendidikan fisika Universitas Jambi pada materi pembiasan pada lensa cembung dengan menggunakan e-modul. EKSAKTA: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5(1), 35-

Nuryah, D. F. 2022. Pengembangan E-Modul Berbasis Potensi Lokal De Djawatan Pada

Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa

SMP. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA. 12(1): 63-76.

Purwanto., 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Robert, A., Cantu, D. 2012, Applaying STEM Instructional Strategies to Design and Technology Curriculum, Department of STEM Education and Proffesional Studies Old Dominion

University, Norfolk, VA, USA.

Siswanto, J. 2020, Kefektifan Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa, Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. 9(2): 133-137

Sa'adah, N., Langitasari, I., Wijayanti, I. E. 2020. Implementasi pendekatan science writing

heuristic pada laporan praktikum berbasis multipel representasi terhadap kemampuan

interpretasi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 6(2): 195-208.

Syukri, M., Yanti, D., Mahzum, E., Hamid, A. 2021. Development of a PjBL model learning

program plan based on a stem approach to improve students' science process skills. Jurnal

Penelitian Pendidikan IPA. 7(2): 269-274.

Texley, J., Wild, A. L. (Eds.). 2004. NSTA pathways to the science standards: Guidelines for

moving the vision into practice. NSTA Press. Arlington

Trismanto, T. (2020). Peranan Kalimat Efektif dalam Komunikasi. Bangun Rekaprima: Majalah

Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial dan Humaniora, 6: 61-67.

Yennita, Y., Afni, N., Kazmi, T., Azizahwati, A., Fakhruddin, F. 2019. The need analysis

developing STEM embeded project. In Proceedings of the UR International Conference on

Educational Sciences: 569-576




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i2.7841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.