Cover Image

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS SIMAS ERIC MENGGUNAKAN WEB SWAY OFFICE PADA POKOK BAHASAN ASAM BASA

Rika Warti, Herdini Herdini, Fitri Aldresti

Abstract


Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD (elektronik-lembar kerja peserta didik) berbasis SIMAS ERIC (skimming, mind mapping, questioning, exploring, writing, communicating) menggunakan web sway office pada pokok bahasan asam basa kelas XI SMA/MA Sederajat yang valid. Penellitian research and development (R&D) dengan model pengembangan 4-D merupakan jenis penelitian yang digunakan dalam pengembangan E-LKPD ini. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi yang diberikan kepada 3 orang validator  (2 validator ahli materi dan 1 validator ahli media), lembar respons pengguna kepada 3 orang guru mata pelajaran kimia, dan 20 orang peserta didik. Hasil penelitian menjelaskan bahwa E-LKPD  berbasis simas eric menggunakan web sway office yang dikembangkan telah dinyatakan valid menurut 2 validator materi dan 1 validator media berdasarkan kelayakan isi, karakteristik simas eric, bahasa, penyajian, tampilan, dan pemanfaatan software dengan skor rata-rata 95,82%. Uji coba satu-satu dilakukan pada 3 peserta didik dengan kemampuan berbeda untuk mendapatkan komentar yang digunakan sebagai perbaikan pada E-LKPD. Hasil uji respon pengguna untuk 2 guru dan 20 peserta didik dikategorikan ”sangat baik” dengan skor masing-masing 95,83% dan 84,87%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis simas eric menggunakan web sway office pada pokok bahasan asam basa dapat digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Simas Eric, Web Sway Office, E-Worksheets, Research and Development

Full Text:

PDF

References


Ivan, A. 2013. Eksplorasi Pola Komunikasi Dalam Diskusi Menggunakan Moddle Pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia. Tesis Magister. UniversitasPendidikan Indonesia. Bandung.

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. 2017. Pengembangan multimedia pembelajaran pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology. 6(2): 1-7.

Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. 2021. Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 4(2): 1–7.

Rohmad, A, Suhandini, P., dan Sriyanto, S. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKS) Berbasis Eksplorasi, Elaborasi dan Konfirmasi (EEK) serta Kebencanaan sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Geografi SMA/MA di Kabupaten Rembang. Edu Geography 1(2): 1-5.

Sari, E., Syamsurizal, S., & Asrial, A. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 5(2): 8-17

Silaban, P.D.W., Susilawati, S., Rery, R.U. 2020. Pengembangan lkpd berbasis simas eric (skimming, mind mapping, questiong, exploring, writing, communicating) pada pokok bahasan koloid. Journal of Research and Education Chemistry. 2(2): 92-92.

Siswoyo, D. 2013. Ilmu Pendidikan. UNY Press. Yogyakarta.

Sudarmoyo. 2018. Pemanfaatan Aplikasi Sway Untuk Media Pembelajaran. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3(4): 346-352

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Jakarta

Wahyu, P.A., Putra, A., Hamdi, H., & Mufit, F. (2019). Validitas dan praktikalitas LKPD berbasis model simas eric pada materi pengukuran dan vektor untuk kelas X SMA/MA. Pillar of physics education, 12(3): 553-560

Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Purwati, D. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran Fisika Modern berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan Kurikulum 2013. Pancaran Pendidikan. 4(2): 189-200.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i1.7839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.