Cover Image

ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE

Rini Atika Dewi, Sri Haryati, Fitri Aldresti

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui kesulitan pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Rupat Utara pada konsep-konsep materi kesetimbangan kimia yang telah dilaksanakan pada semester genap dan pengambilan data pada bulan Maret 2022 di SMAN 1 Rupat Utara. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Rupat Utara yang berjumlah 64. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal pilihan ganda empat tingkat. Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah tes diagnostik dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan pemahaman konsep  pada pokok bahasan kesetimbangan kimia dengan persentase secara keseluruhan yaitu kesulitan sebesar 58,66% dengan kategori sedang. Kesulitan yang tertinggi terdapat pada indikator menjelaskan kesetimbangan dinamis sebesar 68,75%, menjelaskan tetapan kesetimbangan konsentrasi sebesar 62,50%, menghitung harga Kc jika diketahui dalam jumlah mol zat mula-mula sebesar 67,19%,  menjelaskan tetapan kesetimbangan parsial sebesar 62,50%, dan menghitung harga Kp sebesar 64,07 %.


Keywords


Comprehension Difficulty, Chemical Equilibrium, Four Levels, Concept understanding, Four-tier multiple choice

Full Text:

PDF

References


Auliyani, A., Hanum, L., & Khaldun, I. 2017. Analisis Kesulitan Pemahaman Siswa pada Materi Sifat Koligatif Larutan dengan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostik test di Kelas XII IPA 2 SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia. 2(1): 55 – 64.

Hairani A,N. 2017. Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik berbentuk Uraian untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Matematika Wajib Siswa MAN 1 Makassar. Skripsi (Unpublish). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Handayani, N. D., Astutik, S., & Lesmono, A. D. 2018. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada Materi Hukum Termodinamika Di SMA Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(2): 189-195.

Islami, D., Suryaningsih, S., & Bahriah, E. S. 2019. Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Ikatan Kimia Menggunakan Tes Four-Tier Multiple-Choice (4TMC). Jurnal Riset Pendidikan Kimia. 9(1): 21-29.

Iswara, W.H., Muntari, M., Rahmawati, R., & Loka, I.N. 2021. Identikasi Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 1 Narmada Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Chemistry Eduaction Pratice. 4(3): 242-249.

Juwariyah, S. 2013. Penggunaan Metode Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IIIA SDIT Arofah 2 Klego Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Monita, F. A., & Suharto, B. 2016. Identifikasi dan analisis miskonsepsi siswa menggunakan three-tier multiple choice diagnostic instrument pada konsep kesetimbangan kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains. 7(1): 27-38.

Nurulwati, N., & Rahmadani, A. 2019. Perbandingan Hasil Diagnostik Miskonsepsi Menggunakan Threetier Dan Fourtier Diagnostic Test Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 7(2): 101– 110.

Ristiyani, E., & Bahriah, E.S. 2016. Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMA X Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA. 2(1) : 18-29.

Rusminiati, N.N., Karyasa, I.W., & Suardana, I.N. 2015. Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Antara Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia. 5(2): 1-11

Setiawan, D., Cahyono, E., & Kurniawan, C. 2017. Identifikasi dan analisis miskonsepsi pada materi ikatan Kimia menggunakan instrumen tes diagnostik three-tier. Journal of innovative science education. 6(2): 197-204.

Sheftyawan, W. B., Prihandono, T., & Lesmono, A. D. 2018. Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan four-tier diagnostic test pada materi optik geometri. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(2): 147-153.

Susilaningsih, E., Kasmui, K., & Harjito, H. 2016. Desain instrumen tes diagnostik pendeteksi miskonsepsi untuk analisis pemahaman konsep kimia mahasiswa calon guru. Unnes Science Education Journal. 5(3): 1432-1437

Tsabitah, R.N. 2020. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Kesetimbangan Kimia Dengan Menggunakan Four-Tier Multiple Choice Test. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Warsito, J., Subandi, S., & Parlan, P. 2021. Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Topik Ikatan Kimia Serta Perbaikannya dengan Pembelajaran Model ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. 5(11): 1563-1572.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v8i1.7836

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.