Cover Image

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING BERBANTUAN LIVEWORKSHEETS PADA POKOK BAHASAN ASAM BASA

Retno Eka Nianti, Sri Haryati, Herdini Herdini

Abstract


Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis connecting, organizing, reflecting and extending (CORE) berbantuan liveworksheets pada pokok bahasan asam basa untuk kelas XI MIA SMA/MA sederajat yang valid. Penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D merupakan jenis penelitian yang digunakan dalam pengembangan E-LKPD ini. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi yang diberikan kepada 4 orang validator (2 validator ahli media dan 2 validator ahli materi), lembar respons pengguna kepada 2 orang guru mata pelajaran kimia dan 20 orang peserta didik. Hasil penelitian diperoleh skor persentase rata-rata penilaian validator ahli materi dan ahli media sebesar 94.48% dan 96.12% dengan kategori valid. Hasil uji coba kepada guru dan peserta didik masing-masing diperoleh skor persentase rata-rata sebesar 91.07% dan 91.96% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis CORE berbantuan liveworksheets pada materi asam basa dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Alhumaira, F. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran CORE pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMAN 9 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1).

Andriansyah, I. 2013. “Eksplorasi Pola Komunikasi Dalam Diskusi Menggunakan Moodle Pada Perkuliahan Simulasi Pembelajaran Kimia”. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Andriyani, Novi. Yahya Hanafi, Irma Yulianti Budi Safitri dan Sri Hartini. 2020. “Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Live Worksheet Untuk Meningkatkan Keaktifan Mental Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas VA SD Negeri Nogopuro”. FKIP UAD: Yogyakarta.

Ginting, E. Y., Holiwarni, B., Erviyenni, E. Pengembangan lembar kegiatan peserta didik berbasis model pembelajaran core pada materi kesetimbangan ion dan ph larutan penyangga. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau, 6(2): 95-102.

Hariyanto. 2017. Penerapan Model CORE dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika. 2(1): 11-19

Hidayah, A. N., Winingsih, P. H., Amalia, A. F. 2020. pengembangan E-LKPD (elektronik lembar kerja peserta didik) fisika dengan 3D pageflip berbasis problem based learning pada pokok bahasan kesetimbangan dan dinamika rotasi. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(2): 36-43.

Handhika, J. (2012). Efektivitas media pembelajaran IM3 ditinjau dari motivasi belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2): 109-114.

Kuswanto, J., Walusfa, Y. 2017. Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 1-7.

Prastowo, A. 2011. Strategi Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.

Rasuh, N.T. 2021. Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheets Pada Topik Hidrolisis Garam untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik SMA. Skripsi. Universitas Sanata Darma Yogyakarta.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta. Bandung

Sari, D.P. 2017. Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. 5 (11).

Siswoyo, D. 2013. Ilmu Pendidikan. UNY Press. Yogyakarta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Thobroni, M. 2015. Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Ar-Ruz Media. Yogyakarta

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. PT Kharisma Putra Utama. Jakarta

Wahyuni, S., Rusdi, M., & Huda, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis CORE (Connecting, Organizing, Reflecting and Extending) untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Persamaan Trigonometri. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1498-1511.

Widoyoko, E.P. 2017. Teknik Penyusunan Instrumen Penilaian. Pustaka Belajar. Yogyakarta.

Yamasari, Y. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT Yang Berkualitas”. Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. FMIPA UNESA: Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v7i1.7813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.