
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) pada pokok bahasan kesetimbangan kimia di kelas XI MIA SMAN 4 Pekanbaru. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen yang rancangan penelitiannya yaitu randomized control group pretest-posttest. Populasi terdiri dari 3 kelas dan sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang dipilih secara acak setelah dilakukan uji homogenitas. Kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran ARIAS sedangkan kelas kontrol tidak diterapkan model pembelajaran ARIAS. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pihak kanan, berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel yaitu 6.04>1,67 artinya penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada pokok bahasan Keseimbangan Kimia di kelas XI MIA SMAN 4Pekanbaru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Irianto, A. 2010. Statistika Konsep Dasar dan Aplikasi. Kencana. Jakarta
Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Budimansyah, D. 2003. Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. PT Genesindo. Bandung
Dimyati, Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Fajaroh, F. Dasna, I.W. 2007. Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif dalam Bahan Makanan Pada Siswa Kelas II SMU Negeri 1 Tumpang Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 11(2): 112-122.
Lubis, A., Purba, A. 2018. Model pembelajaran arias dengan master learning dalam meningkatkan hasil belajar dan kepercayaan diri belajar kimia umum. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA. 3(1): 179-185
Nazir, M. 2010. Metode Penelitian. Penerbit Graha Indonesia. Jakarta
Rahman, M., Amri, S. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif dalam Teori dan Praktik untuk Menunjang Penerapan Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka Publisher. Jakarta
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Silvia, A., Sanjaya, Anom, K. 2016. Penerapan model pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, and satisfaction (arias) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia kelas XI MIA 3 SMA Negeri 10 Palembang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3(1): 49-61
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpk-unri.v6i1.7624
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.