ANALISIS PREKONSEPSI SISWA TERHADAP KONTEKS REAKSI REDUKSI OKSIDASI, KONTEKS PETASAN DAN HUBUNGAN KEDUANYA
Keywords:
Preconception, Oxidation Reduction Reactions, Firecrackers, Model of Educational ReconstructionAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prekonsepsi siswa kelas XI SMA terhadap konsep reaksi reduksi oksidasi, konteks petasan dan hubungan keduanya. Penelitian ini mengacu pada bagian dari komponen kedua dalam Model of Educational Recontruction. Instrumen yang digunakan adalah lembar prekonsepsi yang diberikan kepada 31 orang siswa kelas XI IPA 3. Data yang diperoleh berupa transkripsi hasil jawaban siswa pada lembar prekonsepsi yang dijabarkan secara kualitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa telah mempelajari konsep reaksi oksidasi reduksi namun belum mampu memahami, sehingga siswa tidak mampu untuk menjelaskan kembali. Konteks petasan sangat dikenal siswa, namun pengetahuannya akan konteks masih terbatas. Siswa juga masih belum mampu menghubungkan keduanya dan belum mampu menjelaskan dengan tepat. Namun siswa telah mampu menganalisis bidang sains dan penerapan lain yang serupa dengan petasan.