DESAIN DAN UJI COBA BAHAN AJAR E-MODUL INTERAKTIF MELALUI PENDEKATAN CHEMOENTREPRENEURSHIP PADA MATERI ASAM BASA
Keywords:
E-Module, Chemoentrepreneurship, Borg and Gall, Acid BaseAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena penggunaan bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran masih menoton serta kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Untuk itu dalam penelitian ini dirancang desain dan uji coba bahan ajar e-modul interaktif melalui pendekatan chemoentrepreneurship (CEP) pada materi asam basa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain Borg dan Gall yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kampar Kiri Tengah. Subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang sebagai ahli media, 1 orang sebagai ahli materi, 2 orang guru kimia dan 10 orang peserta didik di SMAN 1 Kampar Kiri Tengah untuk mengetahui respons terhadap media. Data yang diambil dalam penelitian ini yaitu berupa observasi, wawancara dan angket. Instrumen pengumpulan data berupa angket validitas, angket praktikalitas dan angket respons peserta didik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persentase penilaian validasi media sebesar 100% dengan kriteria sangat valid, validasi materi sebesar 76,78% dengan kriteria valid, persentase penilaian pada uji praktikalitas guru sebesar 88,88% dan peserta didik sebesar 84,37% dengan kriteria sangat praktis.