PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI KOLOID DI SMAN 2 MEDAN

Authors

  • Serli Wijaya Universitas Negeri Medan Author
  • Eddiyanto Eddiyanto Universitas Negeri Medan Author
  • Sitti Darna Derita Munte Universitas Negeri Medan Author

Keywords:

Project based learning, learning achievement, colloidal material, chemistry learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Project Based Learning (PjBL) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model kovensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest- posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA SMA Negeri 2 Medan. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel dari penelitian adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan yaitu pembelajaran kimia dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning(PjBL), sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes kemampuan awal siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan pengujian Independent T-Test dengan α = 0,05 diperoleh nilai thitung sebesar 7,21 dan ttabel sebesar 2,71 (Ha diterima). Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model PjBL lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model konvensional. Hal ini berarti model Project Based Learning memberikan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan model konvensional.

Downloads

Published

2024-01-22