ANALISIS IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROJECT- BASED LEARNING PADA MATERI KIMIA KELAS X DALAM KURIKULUM 2013
Keywords:
Project based learning, Chemical material, 2013 curriculum, Chemistry learning outcomesAbstract
Rendahnya capaian belajar dapat terjadi oleh sejumlah faktor seperti lemahnya proses pembelajaran dan kurang diasahnya kemampuan siswa dalam berpikir. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis implementasi dari metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam materi kimia dalam kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu literature review. Berdasarkan data yang diperoleh, beberapa materi kimia menunjukkan pengaruh yang cukup signifikan terutama dalam segi keaktifan dan keikutsertaan siswa di dalam kelas. Hal tersebut dapat diamati melalui data peningkatan pencapaian belajar siswa dalam siklus I dan siklus II. Pada materi sistem periodik unsur aspek aktivitas belajar persentase ketercapaian sebesar 69,22% pada siklus I dan bertambah menjadi 75,76% pada siklus II. Persentase ketercapaian aspek pengetahuan sebesar 52,94% pada siklus I, kemudian bertambah menjadi 73,53% pada siklus II. Sedangkan Persentase ketercapaian aspek keterampilan sebesar 82,35% pada siklus I dan bertambah menjadi 97,06% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian bisa ditarik kesimpulkan bahwa pengaplikasian metode Project Based Learning dapat mengoptimalkan capaian belajar kimia siswa.