URGENSI RESILIENSI PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI MASA PANDEMI

Authors

  • Anik Pujiati Universitas Indrprasta PGRI Author
  • Fatwa Patimah Universitas Indrprasta PGRI Author

Keywords:

CORE learning model, chemistry learning, learning achievement, equilibrium of ion and pH

Abstract

Resiliensi merupakan faktor internal yang bisa menentukan keberhasilan dalam pembelajaran khususnya selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah resiliensi utamanya resiliensi matematis memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kimia mahasiswa selama pembelajaran daring. Sampel penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah kimia lanjut di program studi pendidikan matematika universitas Indraprasta PGRI sebanyak 51 mahasiswa dengan teknik sampling purposive. Penelitian ini merupakan penelitian survei korelasional dua variabel, yaitu resiliensi matematis dan hasil belajar kimia. Teknik pengambilan data dengan instrumen angket dan tes yang sebelumnya sudah divalidasi. Analisis data dengan korelasi regresi sederhana dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa resiliensi matematis memberikan kontribusi pengaruh signifikan, walaupun kecil yaitu hanya 10,6% terhadap hasil belajar kimia. Dari hasil ini dapat diketahui hasil belajar kimia 89,4% dipengaruhi oleh faktor- faktor yang lain, baik internal maupun eksternal.

Downloads

Published

2024-01-19