PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Authors

  • Zebedius Obet Universitas Kristen Indonesia Author
  • Sumiyati Sumiyati Universitas Kristen Indonesia Author
  • St Fatimah Azzahra Universitas Kristen Indonesia Author
  • Nelius Harefa Universitas Kristen Indonesia Author

Keywords:

Learning outcomes, System of periodic element, learning chemistry, Peer Tutor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem periodik unsur. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode true eksperimental. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA 71 Jakarta T.A 2022/2023 dan Sampel yang diambil dari kelas X, C, dan D dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dari 288 siswa. Metode pembelajaran yang digunakan peneliti pada penelitian ini yaitu Metode tutor sebaya. Penelitian ini menggunakan Instrumen test yaitu soal essay. Uji prasyarat yang dilakukan berupa uji parametrik karena data terdistribusi secara normal dan homogen. Selanjutnya, Hipotesis dianalisis dengan uji paired sampel t-test pada taraf signifikan < 0.05 dengan SPSS 25.00 for windows. Hasil dari analisis data dan hipotesis yang didapatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia menggunakan metode tutor sebaya dengan nilai rata gain sebesar 0,475 pada kelas eksperimen dan 0,262 pada kelas kontrol yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-07-18