PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI LAJU REAKSI BERBASIS PROBLEM BASED LEARNINGPADAKELASXISMA/MASEDERAJAT
Keywords:
E-worksheet, Problem Based Learning, Reaction RateAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD (Elektronik- Lembar Kerja Peserta Didik) berbasis Problem Based Learning pada materi laju reaksi kelas XI SMA/MA, yang valid menurut ahli materi dan ahli materi dan ahli media. Subjek penelitian ini validator ahli materi dan ahli media. Instrumen penelitian berupa lembar validasi ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian menunjukkan persentase skor rata-rata kelayakan E-LKPD dari ahli materi meliputi aspek kelayakan isi, karakteristik model Problem Based Learning, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan secara berturut-turut yakni 97,92, 95,83, 95,83, 96,88, dan 95,83% dengan semua aspek berada pada kategori sangat valid. Persentase skor rata-rata kelayakan E-LKPD dari ahli materi meliputi aspek kelayakan isi, karakteristik model Problem Based Learning, kebahasaan, penyajian, dan kegrafisan secara berturut-turut yakni 97,92, 95,83, 95,83, 96,88, dan 95,83% dengan semua aspek berada pada kategori valid. Persentase skor rata-rata kelayakan E-LKPD dari ahli media meliputi aspek tampilan (komunikasi visual) dan aspek pemanfaatan software secara berturut-turut yakni 97,22% dan 100% dengan kedua aspek berada pada kategori valid.