ANALISIS KESULITAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KESETIMBANGAN KIMIA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TES DIAGNOSTIK FOUR-TIER MULTIPLE CHOICE

Authors

  • Rini Atika Dewi Universitas Riau Author
  • Sri Haryati Universitas Riau Author
  • Fitri Aldresti Universitas Riau Author

Keywords:

Comprehension Difficulty, Chemical Equilibrium, Four Levels, Concept understanding, Four-tier multiple choice

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kesulitan pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Rupat Utara pada konsep- konsep materi kesetimbangan kimia yang telah dilaksanakan pada semester genap dan pengambilan data pada bulan Maret 2022 di SMAN 1 Rupat Utara. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Rupat Utara yang berjumlah 64. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah soal pilihan ganda empat tingkat. Jenis penelitian adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data adalah tes diagnostik dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan pemahaman konsep pada pokok bahasan kesetimbangan kimia dengan persentase secara keseluruhan yaitu kesulitan sebesar 58,66% dengan kategori sedang. Kesulitan yang tertinggi terdapat pada indikator menjelaskan kesetimbangan dinamis sebesar 68,75%, menjelaskan tetapan kesetimbangan konsentrasi sebesar 62,50%, menghitung harga Kc jika diketahui dalam jumlah mol zat mula- mula sebesar 67,19%, menjelaskan tetapan kesetimbangan parsial sebesar 62,50%, dan menghitung harga Kp sebesar 64,07 %.

Downloads

Published

2023-01-25