HUBUNGAN ALIRAN PROGRESIVISME PENDIDIKAN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KIMIA
Keywords:
Educational Progressivism, Education, Curriculum, Chemistry Learning StrategyAbstract
Progressivisme pendidikan adalah bagaimana mengajarkan cara belajar yang tepat, sehingga seorang dapat belajar setiap saat dari realitas secara mandiri, baik di sekolah maupun di luar sekolah. Salah satu upayanya dalam pengembangan kurikulum berbasis kompetensi meliputi: kewenangan pengembangan, strategi pembelajaran, penataan isi/konten, serta model sosialisasi, lebih disesuaikan dengan perkembangan situasi dan kondisi, serta era yang terjadi saat ini. Strategi pembelajaran diarahkan pada upaya mengembangkan kemampuan siswa dalam mengelola perolehan belajar (kompetensi) yang paling sesuai dengan kondisi masing-masing. Metode yang digunakan adalah penelitian Library Research atau penelitian kepustakaan bertujuan untuk mengeksplore data dan informasi dengan berbagai sumber yang diperoleh dari buku, jurnal, makalah, dokumen, catatan dan lain-lainnya yang berhubungan dengan aliran progresivisme pendidikan dan strategi pendidikan. Progresivisme pendidikan yang memandang bahwa kehidupan dan pendidikan itu berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Strategi yang digunakan dalam pembelajaran kimia bersifat eksperimental dan konstruktif, seperti Contextual Teaching and Learnig (CTL), REACT dan inkuiri. Strategi yang mengaitkan pembelajaran dengan dengan kehidupan sehari-hari, lingkungan sekitar dan memanfaatkan segala sumber belajar.