DESAIN DAN UJI COBA E-MODUL BERBASIS LEARNING CYCLE 8E PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Authors

  • Ayulia Esaputri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Author
  • Heppy Okmarisa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Author

Keywords:

E-Module, Learning Cycle 8E, Salt Hydrolysis, Learning media

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena tidak adanya aksesibilitas media pembelajaran yang membuat siswa efektif mengikuti pembelajaran kimia. E-modul yang dirancang menggunakan model pembelajaran learning cycle 8E yang memiliki manfaat membuat siswa berpikir efektif dalam melacak ide-ide pembelajaran, karena learning cycle 8E diatur secara sistematis. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk membuat e-modul yang didasarkan pada learning cycle 8E yang dapat membuat siswa berpikir efektif dalam menemukan ide pembelajaran hidrolisis garam dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, (2) untuk mengetahui persentase kevalidan dan kepraktisan e-modul hidrolisis garam berbasis learning cycle 8E. Metode penelitian yang digunakan ialah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang meliputi tahapan (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draft awal produk, (4) uji lapangan awal, (5) revisi produk awal. Uji lapangan dilakukan pada siswa SMA kelas XII MIPA 6. Hasil uji validitas oleh ahli media dan ahli materi memperoleh hasil sebesar 88,8% (sangat valid). Hasil uji kepraktisan oleh guru kimia memperoleh hasil sebesar 86,4% (sangat praktis), serta hasil uji respon siswa memperoleh hasil sebesar 89,4% (sangat praktis).

Downloads

Published

2023-01-22